MENU
icon label
image label
blacklogo

Penjelasan Sony Terkait Fitur Voice Chat Recording PS5

OCT 19, 2020@19:00 WIB | 146 Views

Fitur baru PS5, voice chat recording (rekaman obrolan suara) menyebabkan kebingungan yang cukup serius. Namun akhirnya, pihak Sony telah mengklarifikasi lebih detail seputar fitur Voice Chat Recording PlayStation baru yang kontroversial, yang pertama kali telah  disebutkan dalam pembaruan 8.0-nya pada awal pekan kemarin, setelah beberapa pengguna dituntun untuk percaya bahwa perusahaan tersebut akan secara aktif merekam dan memoderasi percakapan di antara grup pribadi (private groups).

Dalam postingan blog baru yang diterbitkan hari Jumat yang lalu, Catherine Jensen, selaku wakil presiden pengalaman konsumen global (vice president of global consumer experience) Sony, mengakui kalau perusahaan "seharusnya menjelaskan lebih jelas mengapa fungsi ini diluncurkan". Ia kini mengonfirmasi bahwa Sony tidak akan secara aktif mendengarkan obrolan suara apa pun saat fitur tersebut diluncurkan dengan PS5 bulan depan. “Tujuan utamanya adalah membantu melaporkan perilaku yang tidak pantas, termasuk tindakan yang melanggar Kode Etik Komunitas kita,” tulisnya. “Harap diperhatikan bahwa fitur ini tidak akan secara aktif untuk memantau atau mendengarkan percakapan Anda - selamanya - dan hanya digunakan untuk melaporkan pelecehan online”.

Sebaliknya, perusahaan mengatakan fitur Voice Chat Recording di PS5 nantinya akan bisa merekam lima menit terakhir dari obrolan suara pribadi secara bergilir. Dengan begitu, jika pengguna mengalami pelecehan atau apa pun yang mereka rasa melanggar aturan Sony seputar perilaku pemain, mereka dapat mengirimkan klip hingga 40 detik untuk ditinjau oleh tim moderasi Sony. Itu akan mencakup 20 detik dari perilaku yang berpotensi menyinggung seperti yang dipilih oleh pengguna, dengan 10 detik sebelum dan 10 detik setelah segmen yang dipilih untuk konteks tambahan.

“Laporan ini dapat dikirimkan langsung melalui konsol PS5, dan akan dikirim ke tim Pengalaman Konsumen kami untuk dimoderasi, yang kemudian akan mendengarkan rekaman dan mengambil tindakan, jika diperlukan. Beberapa laporan yang dikirimkan tidak akan valid, dan tim kami akan menganggap ini sebagai kesempatan untuk memberikan bimbingan dan pendidikan, " jelas Jensen, masih terkait fitur Voice Chat Recording PS5.

Dia kembali menjelaskan dengan mengatakan bahwa tidak akan ada opsi untuk menyisih dari rekaman obrolan suara (Voice Chat Recording), karena Sony ingin "semua pengguna merasa aman saat bermain dengan orang lain secara online, bukan hanya mereka yang memilih untuk mengaktifkannya". Dengan adanya fitur baru PS5 ini, pengguna akan bisa merasa terjaga dari sikap yang melecehkan atau tidak menyenangkan lainnya dari pengguna lainnya selama bermain game. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
fitur voice chat recording ps5,
#
ps5,
#
sony,
#
voice chat recording playstation