MENU
icon label
image label
blacklogo

Masa Depan Layar Apple: Bisa Diakses dengan Tangan Lembab

MAR 25, 2021@10:00 WIB | 532 Views

Bila Anda bertanya mengapa Apple Watch memiliki fitur kunci layar saat Anda berenang, maka jawabannya adalah karena layar akan jadi lebih sensitif atau liar ketika dalam keadaan basah. Tentu saja, hal ini tidak selalu terjadi, tetapi jika ini terjadi, penggunaannya akan sedikit mengganggu.

Seolah tak ingin membatasi koneksi Anda dengan dunia luar saat beraktivitas di dalam air atau dalam keadaan basah, Apple datang dengan paten baru. Dikabarkan bahwa AppleInsider telah menemukan paten yang diajukan oleh Apple terkait layar yang tahan basah atau lembab.

Paten tersebut menunjukkan bahwa iPhone atau iPad masa depan mungkin memiliki layar sentuh yang berfungsi bahkan saat pengguna dalam keadaan basah, atau jika ada air di layar perangkat. Paten ini dijuluki ‘perkiraan kekuatan asisten sidik jari’, yang bekerja dengan menggunakan tekanan. Ini berguna untuk menentukan apakah sentuhan pada layar merupakan sentuhan yang disengaja atau tidak.

Menurut paten, “Biasanya, penginderaan layar sentuh kapasitif tidak mengukur gaya yang diterapkan pada layar atau kaca penutup, melainkan mengukur ada atau tidak adanya sentuhan, serta ukuran kontak dari suatu sentuhan.”

Memperbaiki hal tersebut, paten datang dengan solusi, “Kontak [sidik jari] dengan permukaan layar sentuh digunakan untuk menentukan jumlah gaya yang diterapkan. Artinya, seberapa baik sidik jari dibasahi ke permukaan sentuh diartikan sebagai gaya yang diterapkan.”

“Tombol atau masukan dapat dikonfigurasi dengan aktuator mekanis yang bekerja pada tingkat gaya yang diketahui,” lanjut paten tersebut. “Artinya, jumlah sentuhan yang dirasakan memiliki kekuatan yang diketahui dapat berfungsi, untuk mengkalibrasi perkiraan kekuatan yang dibantu sidik jari.”

Paten juga berbicara tentang bagaimana layar dapat mendeteksi seberapa lembab atau basah jari seseorang, namun tetap dapat mengkalibrasi sentuhan dengan lebih baik. Ini mungkin tampak seperti paten yang agak baru, karena sejauh ini kita memang jarang menggunakan perangkat elektronik dalam keadaan basah.

Sampai saat ini, dunia masih terbiasa dengan mengelap tangan terlebih dahulu menggunakan tisu atau handuk ketika hendak menggunakan perangkat. Namun bila benar terjadi, maka ini adalah peningkatan kualitas hidup yang lebih baik. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
layar apple,
#
apple watch,
#
teknologi apple watch