MENU
icon label
image label
blacklogo

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Cryptocurrency Libra Facebook

JUL 17, 2019@18:00 WIB | 159 Views

Cryptocurrency yang direncanakan Facebook mendapat tanggapan dingin dari regulator, organisasi nirlaba dan beberapa pihak lainnya. Ini memang baru rencana saja. Namun, sebelum itu mari kita mencari tahu apa saja yang harus diketahui tentang Cryptocurrency Libra Facebook ini. Berikut ringkasan ulasannya: 

Mengapa Facebook ingin memiliki cryptocurrency?

Ini sebenarnya bukan cryptocurrency Facebook. Ini adalah proyek dari Libra Association, yang didirikan bersama Facebook. Asosiasi, yang akan berfungsi sebagai otoritas moneter untuk cryptocurrency, mengatakan tujuan Libra adalah untuk "memberdayakan miliaran orang", mengingat 1,7 miliar orang dewasa tanpa rekening bank yang bisa menggunakan mata uang.

Tetapi Facebook memiliki minat sendiri pada uang digital yang ada sebelum Libra. Jejaring sosial ini mengelola mata uang virtual, yang disebut Credit (Kredit), selama sekitar empat tahun sebagai cara untuk melakukan pembayaran pada permainan yang dimainkan di Facebook. Pada bulan Mei, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa mengirim uang secara online semudah mengirim foto. Libra dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan lebih murah bagi orang untuk mentransfer uang secara online, yang mungkin menarik pengguna baru ke jejaring sosial.

Facebook mungkin juga memiliki rencana yang lebih besar untuk Libra, meskipun belum dibagikan kepada mereka. Anak perusahaan baru, yang disebut Calibra, akan menjalankan dompet yang akan diperlukan pada peluncuran awal. Analis di RBC Capital Markets mengatakan layanan tersebut kemungkinan akan mencakup permainan dan perdagangan.

Apakah Facebook akan memiliki kendali langsung atas cryptocurrency baru?

Tidak. Facebook adalah salah satu anggota Asosiasi Libra, organisasi nirlaba yang akan berfungsi sebagai otoritas moneter de facto untuk mata uang tersebut. (Keanggotaan Facebook adalah melalui Calibra.) Anggota pendiri lainnya termasuk MasterCard, Visa, PayPal, Uber, eBay, Vodafone, dan Mercy Corps. Asosiasi berharap untuk tumbuh menjadi 100 anggota, yang sebagian besar akan menyumbang 10 juta dollar AS untuk menjalankan proyek. Setiap anggota memiliki suara yang sama dalam asosiasi, yang berkantor pusat di Swiss. Jadi Facebook tidak akan memiliki lebih banyak suara atas keputusan asosiasi daripada anggota lainnya.

Facebook diperdiksi akan memainkan peran besar di fase awal proyek Libra. Selain menjalankan dompet Calibra, Facebook berharap untuk “mempertahankan” peran kepemimpinan hingga 2019. Setelah jaringan diluncurkan, Facebook mengatakan peran dan tanggung jawabnya akan sama dengan anggota pendiri lainnya.

Apa perbedaan antara Libra dengan cryptocurrency lainnya?

Mari kita mulai dengan membahas bagaimana Libra mirip dengan cryptocurrency lainnya, seperti Bitcoin dan Ether. Seperti pendahulunya, Libra sepenuhnya ada dalam bentuk digital. Anda tidak akan bisa mendapatkan uang kertas atau koin Libra. Dan seperti cryptocurrency lainnya, transaksi Libra dicatat pada buku besar perangkat lunak, yang dikenal sebagai blockchain, yang mengonfirmasi setiap transfer. Blockchain Libra akan dikelola oleh anggota pendiri di tahap awal tetapi berkembang menjadi sistem yang sepenuhnya terbuka di masa depan.

Tidak seperti Bitcoin, Ether, dan beberapa cryptocurrency lainnya, yang tidak didukung oleh apa pun dan berayun liar dalam menanggapi spekulasi, Libra akan dipatok ke sekeranjang aset yang akan menjangkar nilainya. Asosiasi Libra belum mengatakan aset apa, akan tetapi mengindikasikan mereka akan memasukkan deposito bank dan sekuritas pemerintah dalam mata uang dari bank sentral yang stabil dan bereputasi baik. Itu menunjukkan mata uang global utama, seperti Dollar dan Euro, yang tidak berfluktuasi hebat dari hari ke hari.

Pasokan Libra akan tumbuh atau menyusut berdasarkan seberapa populernya itu. Jika orang ingin menggunakan Libra, asosiasi akan membeli lebih banyak aset dasar dan membuat, atau "mint", Libra baru. Jika orang ingin menguangkan Libra, asosiasi akan membayar mereka dan menghancurkan, atau "membakar" jumlah Libra yang dimiliki.

Tags :

#
crytocurrency,
#
libra,
#
facebook