MENU
icon label
image label
blacklogo

Dukung Ponsel Murah 5G, Qualcomm Umumkan Snapdragon 480

JAN 11, 2021@15:00 WIB | 279 Views

Saat ini, konektivitas 5G terbatas pada ponsel andalan kelas atas dengan harga fantastis, dan belakangan mulai menyentuh pasar kelas menengah. Namun, bagaimana jadinya dengan ponsel kelas bawah? Bagaimana dengan mereka yang tidak mampu membeli flagships atau bahkan mid-range? Melihat hal ini, Qualcomm datang untuk mengisi peluang pasar dengan mengumumkan Snapdragon 480.

Pabrikan semikonduktor Qualcomm akhirnya mengumkan system-on-chip (SoC) Snapdragon seri 4 pertama yang memiliki konektivitas 5G terintegrasi. SoC yang disebut Snapdragon 480 ini adalah chipset terbaru dari perusahaan yang nantinya bakal digunakan oleh ponsel-ponsel berharga terjangkau.

Mengingat penunjukan modelnya, jelas bahwa Snapdragon 480 tidak akan memberi daya pada flagships tahun 2021. Namun setidaknya itu berarti bahwa kita dapat menantikan untuk melihat lebih banyak ponsel pintar kelas bawah akan hadir dengan konektivitas 5G.

Memang, 5G saat ini belum tersedia secara luas seperti yang kita inginkan, tetapi ini adalah awal yang baik. Semoga saja mendatang akan semakin banyak produsen ponsel pintar yang mengadopsi chipset Snapdragon 480.

Setidaknya ada sejumlah vendor ponsel yang sudah menyatakan diri akan membuat produk berbasis Snapdragon 480 pada kuartal pertama 2021. Diantaranya adalah Vivo, Oppo, Xiaomi, Motorola dan Nokia.

Menurut Kedar Kondap, wakil presiden manajemen produk Qualcomm, “Qualcomm Technologies terus mempercepat komersialisasi 5G secara global untuk membuat ponsel cerdas 5G lebih mudah diakses, terutama karena orang-orang di seluruh dunia terus terhubung dari jarak jauh.”

“Platform seluler Snapdragon 480 5G akan melampaui ekspektasi OEM dan konsumen dalam menghadirkan fitur-fitur tingkat tinggi dan menengah dengan harga yang terjangkau,” lanjutnya.

Qualcomm Snapdragon 480 5G sendiri akan dibangun pada proses 8nm dan akan menampilkan perusahaan CPU Kryo 460, perusahaan yang memiliki clock hingga 2GHz. Ini juga akan menggunakan GPU Adreno 619 dan juga akan mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge 4+, bersama dengan tampilan 120 fps FHD+.

Kilas balik pada September tahun lalu, kabar baik ini ternyata pernah dikumandangkan oleh Presiden Qualcomm, Christiano Amon. Melalui sebuah unggahan di akun media sosial Twitter miliknya, ia mengatakan “Saya harap chip 5G ini dapat dijangkau oleh semua orang”.

Dalam kicauannya, Amon juga memperkirakan bahwa ponsel yang ditenagai chip tersebut akan dibanderol murah meriah. Estimasinya di angka $125 - $250 dollar AS atau setara Rp1,8 – Rp3,6 juta rupiah.

Well, kita tunggu saja, kapan ponsel berbekal Qualcomm Snapdragon 480 ini tiba di pasaran. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
ponsel murah 5g,
#
ponsel 5g,
#
snapdragon 480,
#
qualcomm