MENU
icon label
image label
blacklogo

Mediatek Kuasai Pasar Chipset Global Ungguli Qualcomm Di Kuartal Pertama 2023

JUN 06, 2023@18:00 WIB | 463 Views

Berbicara mengenai persaingan chipset untuk smartphone, ada 2 brand besar yang bersaing cukup ketat yaitu Qualcomm dan Mediatek. Di kuartal pertama tahun 2023 ini, Mediatek berhasil mengungguli Qualcomm sebagai pemasok chipset terbesar di periode tersebut.

Dalam sebuah laporan terbaru yang dikeluarkan Counterpoint Research, disebutkan Mediatek menguasai 32% pasar chipset smartphone global pada Januari hingga Maret tahun ini. Mereka mengungguli Qualcomm yang hanya sanggup meraih angka 28% saja.

Dalam data tersebut, diperlihatkan bahwa Apple menjadi pemasok chipset terbanyak ketiga di kuartal pertama tahun ini dengan raihan 26%. Di belakangnya ada Unisoc dan Samsung yang masing-masing meraih angka 8% dan 4%.

Meskipun menguasai pasar chipset smartphone global, angka yang didapat Mediatek ini turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada kuartal pertama tahun lalu, Mediatek sebenarnya bisa meraih angka hingga 36%. Bahkan dibandingkan kuartal keempat tahun lalu masih bisa meraih angka 32% pasar chipset smartphone global.

Dari analisa Counterpart Research, ada beberapa faktor yang membuat angka ini menurun dari periode yang sama tahun lalu. Misalnya seperti melambatnya permintaan chipset, hingga pasar smartphone global yang memang tengah lesu saat ini.

Tetapi Counterpart Research memprediksi bahwa pasar chipset Mediatek akan mulai meningkat dalam beberapa bulan kedepan. Terlebih dengan mereka akan menghadirkan chipset Dimensity 9200 yang ditujukan untuk pasar smartphone flagship di kuartal kedua ini. [edo/timBX]

Tags :

#
chipset,
#
qualcomm,
#
mediatek