MENU
icon label
image label
blacklogo

Qualcomm Hadirkan Chipset Snapdragon 7s Gen 2 Untuk Smartphone Kelas Menengah

SEP 18, 2023@16:00 WIB | 410 Views

Qualcomm terus memberikan berbagai chipset terbaru untuk segala segmen. Terbaru, mereka baru saja menghadirkan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang ditujukan untuk smartphone kelas menengah.

Melansir Android Authority, Minggu (17/9/2023) disebutkan adanya embel-embel huruf “s” menandakan bahwa basis chipset ini dari Snapdragon 7 standar. Hanya saja, dari segi kemampuan memang sedikit dipangkas meski tidak terlalu signifikan.

Snapdragon 7s Gen 2 ini pada dasarnya menggunakan fabrikasi 4 Nm. Artinya secara kemampuan, chipset ini justru mendekati Snapdragon 7 Gen 1 yang meluncur tahun lalu tersebut.

Untuk bagian prosesor sendiri, Snapdragon 7s Gen 2 ini dibekali kemampuan delapan inti CPU alias Octa Core. Detailnya adalah empat inti CPU Performa tinggi dengan kekuatan 2.4 GHz serta empat inti CPU hemat daya dengan kekuatan 1.95 GHz.

Dari segi GPU, chipset ini mendukung pengolahan grafis GPU Adreno misterius yang memiliki fitur OpenGL ES 3.2, Vulkan 1.3, serta OpenCL 2.0 FP. Tidak ketinggalan GPU chipset ini sudah memiliki chip modem 5G Snapdragon X62 yang memberi kecepatan download hingga 2.9 Gbps.

Lanjut ke bagian fotografi, Snapdragon 7s Gen 2 ini sudah mendukung pengambilan gambar hingga 200 MP. Selain itu, untuk konfigurasinya bisa menggunakan model 1 kamera 48 MP, 2 kamera 32 + 12 MP, serta 3 kamera 16 + 16 + 16 MP. Dan untuk pengambilan video sendiri sudah mendukung kualitas 4K dan FHD dengan frame rate hingga 120 fps.

Dari segi layar, chipset ini sudah mendukung penggunaan resolusi hingga FHD dengan refresh rate 144 Hz. Serta fitur pendukung lainnya yang juga hadir seperti konektivitas WiFi 6E, Bluetooth 5.2 , NFC, hingga pengisian daya cepat dengan model Quick Charge 4+.

Hingga saat ini Qualcomm belum mengumumkan kapan chipset ini akan diproduksi secara massal. Serta smartphone manakah yang pertama kali akan menggunakan chipset ini masih belum diumumkan pihak Qualcomm. [edo/timBX]

Tags :

#
chipset,
#
qualcomm,
#
snapdragon 7s gen 2,
#
snapdragon

X