MENU
icon label
image label
blacklogo

Bagaimana OPPO's ColorOS 11 Mendorong Tren Kustomisasi Android

OCT 08, 2020@08:00 WIB | 127 Views

OPPO memiliki banyak pilihan warian perangkat Android tahun 2020 dengan fokus besar pada perangkat lunak. Android 11 merupakan peluncuran besar terbaru untuk sistem operasi seluler Google. Untuk memanfaatkan Android 11 sepenuhnya, OPPO merilis ColorOS 11 sebagai salah satu pembaruan paling signifikan untuk ColorOS hingga saat ini.

Pada 14 September, pencuran ColorOS 11 berlangsung secara virtual. Acara yang menggambarkan semua fitur baru yang akan hadir di banyak perangkat OPPO. Ada banyak jenis pembaruan fitur, tetapi yang paling menarik adalah fitur kustomisasi baru.

Ketika mendengar tentang penyesuaian OEM di Android, yang terbersit adalah mesin tema yang membengkak tapi memperlambat ponsel tanpa menawarkan banyak hal lain. Ini tampaknya yang coba dihindari ColorOS 11. Alih-alih memiliki antarmuka yang sangat bertema, mereka tampaknya memiliki tujuan tampilan Android lebih banyak, sambil menerapkan fitur personalisasi yang efektif.

Tren Perangkat Lunak Android OEM

Melalui sebuah polling di akun twitter @xdadevelopers, dengan menanyakan pengguna, tentang apa yang mereka hargai dalam perangkat lunak OEM. Beberapa tren terbesar dari perangkat lunak OS tahun ini adalah keamanan, privasi, dan penyesuaian. Semua fitur ini penting, tetapi pengguna XDA akhirnya lebih menghargai personalisasi.

Namun, Anda mungkin memperhatikan bahwa fitur paling populer adalah pengalaman Android stok. Jadi solusi yang ideal adalah membuat OS yang lebih dekat dengan stok Android ditambah beberapa fitur personalisasi untuk menjadikannya milik Anda. Jadi bagaimana ini dilakukan? Saya akan membagikan beberapa contoh ColorOS 11 yang berjalan pada OPPO Find X2 Pro.

Layar utama ponsel ini terlihat sangat familier bagi Anda karena sangat mirip dengan yang ditemukan pada perangkat Android stok. Aturan desain material dari Google diterapkan di seluruh perangkat lunak ini. Semuanya berperilaku dan bekerja seperti yang Anda harapkan, dari ponsel Google stok. Tidak ada elemen yang membengkak di sini. Transisinya sederhana, ikon tersedia, menu pengaturan memiliki tata letak tradisional, dan bayangan pemberitahuan tidak dipengaruhi oleh fitur OEM.

Semua fitur ini siap disesuaikan dengan keinginan Anda. Anda dapat mengubah ikon, membuat wallpaper Anda sendiri, membuat nada dering, dan banyak lagi. Tidak perlu mengunduh paket ikon atau tema berat untuk mendapatkan tampilan ini. Anda sekarang dapat menggunakan fitur personalisasi adaptif untuk melakukan ini. Beberapa fitur kustomisasi baru terbaik meliputi: Selalu Dipajang; Gaya ikon layar beranda; Animasi ikon sidik jari; Aksen warna; Font & ukuran tampilan; Bentuk ikon laci pemberitahuan; Pencahayaan tepi; Mode gelap; Pembuatan wallpaper; Mengirim feedback/umpan balik; History; Penyimpanan; dan Komunitas

Sekarang pengguna dapat memiliki pengalaman Android stok mereka sambil menikmati beberapa fitur penyesuaian yang hebat. Ini tampaknya menjadi cara terbaik untuk maju, karena OEM mencoba menerapkan lebih banyak dari apa yang ingin dilihat pengguna di pembaruan OS mereka berikutnya.

Masa Depan Personalisasi di Android

Di sini, di XDA, selalu memiliki komunitas besar seputar tema Android dan ROM khusus. Namun, hal ini selalu membutuhkan tingkat pengetahuan teknis yang tidak menjangkau konsumen umum. Cara ini juga memerlukan banyak upaya untuk menyesuaikan ponsel Anda. Inilah mengapa kami melihat tren pengguna yang lebih menghargai fitur personalisasi, seperti yang ditunjukkan jajak pendapat di atas.

Banyak pabrikan ponsel menuju ke arah yang sama dengan jenis fitur ini. Menerapkannya dengan cara yang benar adalah kuncinya, untuk menghindari kekacauan, daripada fitur. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
oppo colors 11,
#
andid11,
#
oppo