MENU
icon label
image label
blacklogo

Throwback ke Masa Dinasti Vietnam Lewat Jelajah Benteng Kaisar Thang Long

JUN 17, 2019@14:17 WIB | 219 Views

Kota Hanoi di Vietnam adalah salah satu kota yang patut jadi daftar utama destinasi perjalanan bagi Blackpals yang menyukai wisata sejarah.

Mulai dari zaman prasejarah sampai cerita perang yang mendebarkan dijamin selalu menarik hati. Berbagai situs sejarah pun dibuka untuk publik salah satunya The Imperial Citadel of Thang Long atau komplek benteng kekaisaran Than Long yang berada persis di samping museum perang Hanoi.

Memasuki kompleks ini dikenakan biaya sekitar 20 ribu rupiah atau 40 ribu dong. Masuk ke dalamnya sudah disambut berbagai mural Vietnam tempo dulu. Seperti suasana kota dan pedagang-pedagang zaman dahulu.

Naik ke atas gedung ini ada lokasi tersembunyi yang ternyata merupakan tempat pemotretan. Namun saat itu, sedang kosong sehingga hasilnya ini jadi sesi pemotretan gratis bagi kami yang sigap memanfaatkan segala properti di sana mulai tempat tidur, alat musik sampai singgasana. Setelah puas berfoto, kita bergeser ke bagian inti komplek ini terbentang, lapangan luas berumput yang sedikit kering. Muda-mudi terlihat bercengkrama dan melakukan beberapa sesi pemotretan. Dengan berkostum Ao Dai, rupanya mereka sehabis wisuda dan menjadikan tempat ini sebagai latar pemotertannya.

Dari kejauhan terlihat paviliun ala dinasti China menjulang. Lalu masuk ke dalamnya ada lantai-lantai kaca membuat menyadari bahwa destinasi ini sudah bertransformasi dengan arsitektur modern atanpa sedikitpun menghilangkan kekunoannya.

Di dalam kompleks ini juga sedang dipersiapkan untuk acara-acara nasional sehingga suasananya begitu ramai namun tetap pengunjung bisa menikmati atmosfernya yang sejuk dan membawa kita seolah kembali ke zaman Vietnam dahulu kala lengkap dengan latar-latar bangunan tuanya dengan dinding tembok mengelupas dan cat-cat yang memudar.

Kita juga bisa naik ke atas untuk melihat kompleks ini lebih utuh dan menyeluruh. Angin semilir membawa pengunjung makin betah nongkrong-nongkrong cantik di daerah ini dan sangat pas untuk menikmati sore kala itu.

Benteng Kekaisaran Thang Long, adalah peninggalan sejarah Vietnam yang telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2010. Di sini juga banyak artefak dan barang-barang yang berasal dari abad ke-6. dan abad ke-20 digali pada tahun 2004, termasuk fondasi istana tua, jalan kuno, kolam dan sumur. Di atas semua penemuan ini, para arkeolog juga menemukan koin perunggu, keramik, dan tembikar dari Cina dan banyak tempat di Asia, yang semuanya menunjukkan hubungan perdagangan yang erat di daerah tersebut. Jadi tunggu apalagi kalau sedang ke Hanoi, jangan lupa singgah di sini ya Blackpals.

Tags :

#
spot wisata,
#
hanoi,
#
vietnam,
#
wisata sejarah,
#
benteng kaisar thang long