MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah 5 Kota Tembok Tersohor Dunia yang Layak jadi Destinasi Wawasan Kamu

AUG 19, 2019@18:03 WIB | 361 Views

Pada zaman dulu, ketika banyak peperangan terjadi dimana-mana, tembok memang sengaja dibangun untuk dijadikan sebagai perlindungan dari para musuh. Namun kini fungsi tembok menjadi sesuatu yang tak lebih dari sekadar pembatas dari sebuah wilayah, gedung, taman dan lain sebagainya. Ya, fungsi tembok sejak era tahun 70-an mulai bergeser, dari fungsi sebagai pertahanan dari musuh menjadi sebagai pembatas saja. Dan sekarang ini tembok-tembok kuno yang dibangun pada zaman dulu tersebut menjadi sesuatu hal yang dijadikan sebagai objek wisata, yang tentunya menawarkan keindahan dan kisah sejarah tersendiri. Perlu kamu ketahui bahwa di dunia ini ternyata terdapat kota-kota yang dikelilingi oleh tembok yang tinggi sehingga kota tersebut mendapat julukan kota tembok. Jadi keberadaan tembok tinggi di kota-kota tersebut bisa dikatakan mampu bersaing dengan tembok besar di Cina dan Jerman sebagai daya tarik pariwisatanya. Langsung cek saja 5 kota tembok tersohor di dunia ini, guys!

Kota Dubrovnik

Dubrovnik kota yang berada di pesisir Laut Adriatik di selatan Kroasia. Selain sebagai kota tembok, kota ini juga dijuluki sebagai Pearl of the Adriatic atau Mutiara dari Adriatic. Tembok-tembok kokoh yang mengelilingi kota ini dibangun sekitar abad ke-12 dan sampai kini masih sangat terawat dengan baik. Kota ini juga mampu menyaingi pesona Venesia dan telah mencapai masa kejayaannya selama abad ke-15 dan ke-16 yang silam.

Kota Yerusalem

Yerusalem yang dikenal sebagai kota suci bagi Yahudi, Kristen, dan Islam ini merupakan kota  terbesar di Israel. Kota ini dikelilingi tembok kokoh yang dibangun sejak zaman kuno sebagai bentuk pertahanan abad 16 pada masa pemerintahan Kekaisaran Utsmani di wilayah ini. Dan sampai kini tembok kokoh tersebut masih ada dan dilestarikan.

Kota Carcassonne

Carcassonne merupakan salah satu kota di Prancis yang dijuluki juga sebagai "kota benteng" terbesar di Eropa. Benteng di kota ini terdiri dari seni arsitektur tembok-tembok yang besar dan tinggi yang dibangun dahulu kala dan berhasil dipulihkan kembali oleh arsitek Eugene Viollet-le-Duc pada tahun 1853. Kini keberadaan benteng  di kota ini dilestarikan dan menjadi salah satu objek wisata dunia.

Kota Avila

Kota yang terletak di bagian barat Spanyol ini merupakan kota abad pertengahan yang dibangun di puncak bukit berbatu. Di pusat kota ini terdapat tembok yang megah dan tetap terawat dengan baik, yang mengelilingi seluruh kota tua tersebut sehingga terlihat seperti benteng yang sangat besar dan luas, bahkan benteng ini memiliki sembilan gerbang dan 88 menara.

Kota Itchan Kala

Itchan Kala merupakan kota yang dibangun di dalam tembok tinggi di Khiva, Uzbekistan. Di kota ini terdapat banyak monumen bersejarah dan rumah-rumah tua. Dan yang paling menarik adalah kota ini juga memiliki deretan dinding bata dan empat gerbang yang dibangun mengelilinginya.

Itulah 5 kota tembok tersohor di dunia yang layak dijadikan tujuan destinasi traveling kamu nantinya. Dengan mengunjunginya, kamu pastinya akan dapat menambah wawasan lebih dari sejarah dan keunikan tembok-tembok dan bangunan kuno di kota tersebut selain bersenang-senang menikmati keindahannya![inn/hsn/timBX]

Tags :

#
spot wisata,
#
kota tembok,
#
itchan kala,
#
avila,
#
yerusalem,
#
carcassonne,
#
dubrovnik