MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Melintas di Tol Cipali: Selalu Waspada!

JUN 23, 2015@19:00 WIB | 14,123 Views

Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memang telah selesai dibagun. Jalan bebas hambatan ini pun sanggup mempersingkat perjalanan waktu lebih dari 3 jam dari Cikampek menuju Cirebon dibanding ketika melewati jalur Pantura (Pantai Utara).

Namun Tol Cipali yang punya total panjang 116,75 km mempunya potensi buruk baik terhadap pengendara maupun kendaraan yang melintas. Komunitas Velozity (Veloz Community) yang beberapa waktu lalu melakukan uji coba kesiapan Tol Cipali pun berbagi tipsnya.

"Ruas jalan Tol Cipali ini masih didominasi dengan alas beton. Selain itu, di sisi kiri dan kanan jalan terdapat tanah yang tandus. Mulai dari KM 111 pengemudi sudah bisa menemukan jalanan yang dilapis aspal. Namun jangan terlena, dan harus  tetap berkonsentrasi serta perhatikan laju kecepatan mobil. Kondisi jalan yang mulus dan monoton juga berpotensi membuat pengemudi jenuh hingga menimbulkan rasa kantuk," ujar Didy Soenaryadi Ketua Umum Velozity.

Ia juga menuturkan pada malam hari kondisi jalan sangat gelap sehingga menuntut kewaspadaan pengemudi. Sepanjang perjalanan belum tampak lampu penerangan jalan kecuali di dekat gerbang tol. Kewaspadaan juga perlu ditingkatkan karena di pembatas jalan belum ada dinding pembatas yang menghalangi cahaya lampu jauh mobil dari arah berlawanan, sehingga hal ini bisa membuat silau pengemudi.

Pengemudi juga harus mewaspadai hewan-hewan liar seperti anjing dan kucing yang kerap terlihat di sisi jalan. Tak jarang hewan tersebut menyeberangi jalan tol. Jika memungkinkan tetap lakukan pengeraman untuk mengurangi kecepatan secara perlahan, namun perhatikan pula jarak kendaraan di belakang untuk menghindari tabrakan.

"Hal yang harus diperhatikan adalah utamakan keselamatan saat berkendara di Jalan Tol Cipali. Jangan gengsi untuk meluangkan waktu beristirahat di rest area saat lelah datang. Ada empat rest area di tol ini yakni di KM 86, 102, 130, dan 164. Dari empat rest area hanya dua yang dilengkapi SPBU, yakni di KM 102 dan 164. Namun SPBU yang sudah dioperasikan baru di KM 102. Sementara rest area di KM 164 masih dalam tahap pengerjaan," tegasnya. [Pra/timBX]

Tags :

#
Tol Cipali
#
JalanTol
#
Cikopo-Palimanan (Cipali)
#
Tips