MENU
icon label
image label
blacklogo

Kurangi Kecelakaan, Jaguar Land Rover Pakai Sistem Pembaca Pikiran

JUN 20, 2015@21:00 WIB | 629 Views

Keselamatan lalu lintas terus menajdi fokus perhatian para produsen otomotif. Tak terkecuali dengan Jaguar Land Rover yang tengah mengembangkan teknologi untuk mendeteksi pikiran pengemudi sehingga bisa melakukan pencegahan dini terhadap kecelakaan jalan raya. Bagi Jaguar Land Rover, faktor pemicu kecelakaan di jalan raya masih dari sisi pengemudi. Karena itu mereka kini akan memantau setiap konsentrasi driver melalui pengukuran gelombang otak.

Teknologi yang dinamakan Wellness Seat tersebut saat ini tengah diuji coba pada Jaguar XJ. Dengan teknologi ini sistem bisa mengukur denyut jantung dan juga ritme pernapasan si pengendara. Sistem ini terinspirasi dari sistem serupa yang biasanya dipakai di industri olahraga atau farmasi.

Dengan sistem tersebut, komputer pada mobil akan mendeteksi apabila ada aktivitas otak yang menunjukkan tanda-tanda pengemudi melamun atau kehilangan konsentrasi. Jika keadaannya demikian, maka komputer pada mobil akan memerintahkan pedal gas atau lingkar kemudi bergetar untuk mengembalikan kesadaran pengemudi.

"Bahkan saat mata tetap ke arah jalan, kurangnya konsentrasi atau lamunan maka pengemudi bisa kehilangan kesadaran sehingga menyebabkan kecelakaan," kata Wolfgang Epple, Jaguar Land Rover Director of Research and Technology.

Ketika getaran di setir dan pedal belum mampu mengembalikan konsentrasi pengemudi, maka sistem ini dapat memerintahkan komputer di mobil untuk memberikan peringatan lanjutan lain. Bisa berupa signal dengan tanda dan suara sampai pengemudi dipastikan sadar kembali. [Pra/timBX]

 

Tags :

#
Jaguar Land Rover
#
Jaguar XJ
#
Land Rover