MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Elektrifikasi Bersama Chery?

APR 18, 2024@10:00 WIB | 140 Views

Dua brand mewah yang masih punya hubungan saudara, Jaguar dan Land Rover cukup serius untuk masuk ke segmen elektrifikasi. Dua brand mewah asal Inggris bahkan akan melakukan kerjasama dengan brand asal Tiongkok, Chery untuk pengembangan mobil elektrifikasi mereka.

Melansir Carbuzz, Rabu (174/2024) disebutkan bahwa nantinya Chery akan bertanggung jawab penuh dalam pembuatan platform elektrifikasi dari Jaguar dan Land Rover tersebut. Nantinya gak cuma teknologi listrik, platform ini juga mendukung teknologi Hybrid dan Plug-In Hybrid.

Laporan lainnya dari media Tiongkok, 36Kr, salah satu petinggi Chery, Yin Tongue menyebut ini merupakan kali pertama Chery membuat mobil elektrifikasi Jaguar Land Rover. Disebutkan bahwa alasan Chery mau bekerjasama dengan JLR karena pengalaman baiknya dalam kerjasama kedua belah pihak.

Sejatinya Jaguar Land Rover bukan kali pertama bekerja sama dengan Chery. Kedua perusahaan sudah bekerjasama sejak tahun 2012 silam dengan sistem 50:50. Beberapa produk hasil kerjasama kedua pihak seperti Jaguar XF serta Chery Exceed yang merupakan sebuah SUV medium.

Jaguar Land Rover memang sudah merencanakan hanya akan memproduksi mobil elektrifikasi di tahun 2030 mendatang. Nantinya mereka hanya akan menjual Hybrid, Plug-In Hybrid dan EV. Sebelum nantinya di 2036 akan secara penuh hanya menjual EV.

Sejatinya Jaguar Land Rover ragu untuk menjual mobil listrik karena trend penjualan yang ternyata tidak begitu besar. CEO JLR, Adrian Mardell menyebut pihaknya hanya akan menyiapkan empat EV terbaru dari sebelumnya enam di 2026 karena alasan penjualan EV yang belum terlalu besar tersebut. [edo/timBX]

Tags :

#
jaguar,
#
land rover,
#
jlr,
#
chery,
#
elektrifikasi,
#
ev

X