STAY CONNECTED
STAY CONNECTED
MEMBER SIGN IN
OR SIGN IN WITH
 
Forgot your password?   |   Not a member? Register here

Tiga Motor Baru Honda Berkapasitas 500 cc Resmi Terungkap

 Senin, 19 November 2012

Setelah beberapa kali tertangkap kamera jurnalis luar negeri saat melakukan uji coba dan pembuatan iklan, akhirnya pihak Honda memperkenalkan tiga model anyarnya yang dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 500 cc. Tiga model ini dibangun dengan basis mesin yang sama, untuk model sport pihak Honda menyebutnya dengan nama CBR500R, untuk model naked disebut CB500F, dan untuk model touring dianugrahi nama CB500X. Tiga model ini memang sengaja ditampilkan pihak Honda untuk memberikan pilihan jitu kepada para konsumennya yang ingin lebih dari sepeda motor berkapasitas 250 cc, dan tidak terlalu besar seperti 600 cc.

Seperti telah disebutkan diatas, ketiga model baru Honda mendapatkan mesin baru yang memiliki kapasitas 500 cc liquid-cooled parallel-twin DOHC. Mesin ini memiliki bore 67.0 mm dengan stroke 66.8 mm yang menghasilkan kompresi mesin sebesar 10.7:1. Untuk masalah suplai bensin, ketiga model terbaru Honda ini telah dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI dengan 34 mm throttle bodies. Transmisi juga masih sama-sama menganut sistem manual enam percepatan. Untuk masalah seberapa besar tenaga dan torsi yang mampu dikeluarkan mesin ini pihak Honda belum memberikan rinciannya.

Masalah desain, Honda CBR500R dibuat benar baru-baru dari seluruh lekukan body yang ditampilkan, meski bagian buritan sedikit identik dengan model Honda CBR250, namun masih tampak perbedaan diantaranya keduanya. Model selnjutnya adalah CB500F, dilihat dari desainnya, sepeda motor ini sangat identik dengan Honda CB150R yang baru-baru ini diperkenalkan Honda di event JMCS, namun bagian rangka terlihat menggunakan deltabox berbeda dengan CB150R yang menggunakan rangka tubular. Dan yang terakhir adalah model adventure berseri CB500X. Model ini terlihat begitu kental sebagai kendaraan petualang, dan untuk mendukung fungsinya tersebut, pihak Honda juga memberikan ukuran tangki yang sedikit jauh lebih besar dibandingkan dua model lainnya.

Spesial untuk model sport atau Honda CBR500R, motor ini akan digunakan sebagai kendaraan resmi diajang balap European Junior Cup yang sudah masuk tahun ke 3 tahun 2013 mendatang. Beberapa perbedaan yang kasat mata dengan model produksinya ada pada bagian fairing yang sudah tidak menggunakan batok lampu, windshield lebih besar, setang lebih merunduk, buntut tawon dan juga ban yang telah menggunakan model balap dari Pirelli. Hadirnya Honda CBR500R ini diajang European Junior Cup sekaligus menandai pensiunnya penggunaan KTM Duke 650 yang pada tahun sebelumnya dijadikan motor resmi kejuaraan tersebut.[nur/timBX]

Comments