MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Prototipe Bangunan dan Perabotan di Dubai Dibuat Menggunakan Printer 3D

JUL 04, 2015@07:00 WIB | 2,296 Views

Kita sudah sering melihat printer 3 dimensi mencetak berbagai hal menarik, dari benda kecil seperti mainan hewan hingga motor dan mobil. Apa hal gila selanjutnya? Badan Inovasi Uni Emirat Arab tertarik untuk membuat sebuah gedung dengan pencetak 3 dimensi, bukan beberapa bagian dari gedung saja, namun seluruh bagian dari gedung.

Pihaknya baru saja mengumumkan bahwa Badan ini sedang dalam proyek terkait dengan pembangunan sebuah gedung kantor dengan metode pencetakkan 3 dimensi. Proyek ini akan dipimpin oleh perusahan bernama WinSun Global yang sebelumnya telah sukses membangun sebuah apartemen dengan printer 3 dimensi, maka tepat kiranya ujung tombak pelaksanaan diserahkan kepada perusahaan yang sudah berpengalaman ini.

Lebih gilanya lagi, tidak hanya seluruh bangunan saja yang diproduksi menggunakan printer 3D tapi juga perabotan yang ada di dalamnya. Menurut Al Gergawi, komisaris UAE National Innovation Committee "Bangunan ini akan menjadi wujud dari kreatifitas dan efisiensi teknologi printer 3D". "kita bertujuan untuk mengambil kesempatan dari perkembangan teknologi untuk menjadi penghubung inovasi dan teknologi printer 3D."

Untuk menjadikan mimpi ini jadi kenyataan, sebuah printer 3 dimensi berukuran 20 kaki akan digunakan untuk membangun konstruksi seluas 2000 kaki. Sedangkan untuk bahan baku Reinforced Concrete khusus, Fiber Reinforced Plastic, dan Glass Fiber Reinforced Gypsum untuk memastikan kekuatan pada konstruksi bangunan. Pembangunan ini diperkirakan akan memakan waktu beberapa minggu dan menghemat biaya tenaga fisik hingga 80%, dan biaya pembangunan hingga 60%. [leo/timBX]

 

Tags :

#
Printer 3D