MENU
icon label
image label
blacklogo

Ubah Ruangan Kosong Jadi Printer 3D Raksasa Menggunakan Hangprinter

MAR 19, 2017@12:00 WIB | 1,086 Views

Anda punya ruang kosong di rumah? Jika Anda tertarik, Anda dapat merubahnya menjadi printer tiga dimensi raksasa. Printer raksasa? Yap, penemu asal Swedia, Torbjørn Ludvigsen telah menghabiskan waktu tiga tahun mengembangkan 3D printer jenis baru yang dapat mencetak obyek dengan ukuran besar. Tidak hanya besar, perangkat ini juga mudah dibuat dan juga murah.

Namanya Hangprinter dan ia memiliki sistem katrol gantung yang ditanam ke tembok, lantai, juga atap. Setelah terpasang, Hangprinter akan memposisikan ruangan seperti penutupnya. Nah, seberapa murah Hangprinter ini?  Seluruh komponen hardware dan software dapat ditebus dengan harga sekitar $250 atau sekitar Rp 3,3 juta.

Seluruh desainnya juga open source alias bisa diakses dan di buat tanpa ada copyright, bisa ditambah, bisa juga dikolaborasikan dengan konsep lain. Misi  Ludvigsen adalah untuk menyediakan akses printer tiga dimensi skala besar ke komunitas atau perorangan dengan dana terbatas.

Nah bagi Anda yang penasaran, berikut ada video bagaimana hangprinter beraksi membuat obyek sederhana dan fungsional. [leo/timBX]

Tags :

#
printer 3d,
#
hangprinter,
#
blackbox