MENU
icon label
image label
blacklogo

Glowforge, Printer 3D Metode Pahat Laser

SEP 26, 2015@22:00 WIB | 2,022 Views

Bila Anda pernah melihat proses cetak menggunakan printer 3 dimensi, anda pasti melihat bahwa sesungguhnya cara kerjanya sama dengan printer biasa. hanya saja perbedaan terletak pada bahan, di mana printer biasa menggunakan tinta, sedangkan printer 3 dimensi menggunakan material lain seperti plastik, metal, dan sebagainya.

Namun Glowforge, produsen printer 3D menggunakan proses yang berbeda dalam produk terbarunya ini. Bukannya mencetak dengan lapisan demi lapisan, Glowforge 3D printer menggunakan laser untuk membentuk dan memotong bentuk mentah menjadi benda input yang kita inginkan. Misalnya Anda ingin membuat patung kayu, setelah menentukan desain dan ukuran, Anda tinggal memasukkan kayu sesui ukuran, maka mesin ini akan memotongnya sesuai dengan desain patung yang Anda masukkan.

Dengan metode ini kita dapat menggunakan berbagai macam material untuk berbagai bentuk desai. Menurut sang pengembang, teknologi pahat lasernya ini menggunakan teknologi pemotongan laser yang sangat akurat dan juga hadir dengan harga terjangkau.

Perangkat sejenis rata-rata dibanderol dengan harga $5000 atau sekitar Rp. 73 juta, bahkan lebih. Sedangkan Glowforge 3D printer hanya $1995 atau sekitar Rp 30 juta. Penasaran aksi printer ini? Anda dapat melihatnya dalam video di bawah. [leo/timBX]

Tags :

#
Glowforge
#
Printer 3D
#
Glowforge 3D Printer