MENU
icon label
image label
blacklogo

Aki Mobil Bekas Jadi Bahan Baku Panel Energi Surya

OCT 10, 2014@10:00 WIB | 9,379 Views

Para Ahli yang tergabung dalam tim peneliti MIT, berhasil menemukan metode untuk membuat panel energi surya dari timah aki mobil bekas. Bahan yang dikembangkan dari timah aki mobil bekas ini, menjadi alternatif untuk menggantikan bahan silikon yang selama ini digunakan pada teknologi energi matahari. Biaya untuk membuat panel surya berbahan timah aki mobil bekas inipun terbilang cukup rendah.

Tim ilmuan yang melakukan penelitian ini, mendemonstrasikan cara pembuatan panel energi surya baru tersebut ke dalam sebuah rekaman video. Sebuah aki mobil bekas, dikatakan mampu membuat kristal perovskite sebanyak 30 buah. Perovskite sendiri dikenal sebagai bahan baku panel energi surya.

Pemanfaatan ulang aki mobil bekas sebagai sumber energi baru memang sangat menguntungkan. Sayangnya, sebelum bisa diproduksi secara masal, pengembangan teknoologi ini mengalami tantangan. Pasalnya, teknologi aki mobil modern juga sedang berevolusi. Teknologi aki mobil kini nampaknya sedang beralih ke teknologi yang lebih efisien seperti, baterai lithium-ion. Peneliti pun memprediksi bahwa mereka akan mengalami kekurangan bahan baku di masa-masa yang akan datang.[Lalu/timBX]

Berikut Cuplikan Videonya :