MENU
icon label
image label
blacklogo

Hyundai Ambil Alih Boston Dynamics

DEC 14, 2020@15:30 WIB | 468 Views

Wow! Dikabarkan Hyundai mengambil alih kepemilikan saham perusahaan pembuat robot, Boston Dynamics dengan sebuah kesepakatan sebesar $ 1,1 miliar (15,5 Trilyun Rupiah). Bloomberg menyebut rumor tentang adanya kesepakatan itu telah muncul dalam beberapa waktu. Dengan adanya kesepakatan ini sekaligus menandai langkah besar dalam robotika konsumen untuk Hyundai.

Dengan mengambil sekitar 80 persen saham di perusahaan, yang sebelumnya dimiliki Softbank, kini mereka akan mempertahankan sekitar 20 persen melalui afiliasi.

Hyundai mengatakan investasinya akan membantu pengembangan robot layanan dan logistik, tetapi seiring waktu mereka berharap bisa membangun lebih banyak robot humanoid untuk pekerjaan seperti "merawat pasien di rumah sakit." Bidang minat lainnya termasuk mengemudi otonom dan pabrik pintar.

Boston Dynamics berawal dari anak perusahaan dari Massachusetts Institute of Technology. Perusahaan yang telah menciptakan robot menggunakan pendanaan DARPA, seperti BigDog, tetapi namanya menjulang karena robotnya viral secara online. Dua bintang utamanya adalah Atlas, robot bipedal humanoid yang dapat berlari dan melakukan backflip, dan Spot, "anjing" berkaki empat yang lebih kecil yang telah diuji dalam berbagai skenario, mulai dari menggembala domba hingga membantu petugas perawatan kesehatan selama pandemi. Perusahaan mulai menjual Spot pada Juni 2020 seharga $ 74.500 (1 Juta Rupiah). Harapannya, setelah diambil alih oleh Hyundai dengan CEO yang baru mereka dapat bangkit.

Sebuah perjalanan panjang dari awal tahun 1992 sampai akhirnya diambil alih senilai $ 1,1 miliar oleh Hyundai. Sebelumnya Boston Dynamics menghabiskan waktu di bawah Google, terutama berfokus pada penelitian dan pengembangan, dan baru-baru ini memiliki tugas dengan SoftBank, sebuah kesepakatan yang diumumkan oleh mantan CEO Boston Dynamics Marc Raibert.

Robot industri Hyundai sendiri fokus pada pabrik di zona kenyamanan otomotifnya, termasuk konsep "mobil berkaki" yang diharapkan perusahaan dapat digunakan oleh responden pertama untuk bepergian melintasi medan yang sulit. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
hyundai,
#
boston dynamics,
#
mobil berkaki,
#
inovasi teknologi