MENU
icon label
image label
blacklogo

BladeBUG, Robot Inspeksi Turbin Angin Lepas Pantai Pertama di Dunia

NOV 25, 2020@09:00 WIB | 157 Views

Seiring dengan semakin populernya energi terbarukan di seluruh dunia, upaya untuk memangkas biaya dan meningkatkan daya tariknya dengan segala cara akan terus berlanjut. Ini termasuk dalam pembuatan robot untuk inpeksi di wilayah yang sulit dijangkau manusia dan demi keselamatan. Dan baru-baru ini ada robot berkaki enam yang sukses mendemonstrasikan bagaimana ia dapat melakukan inspeksi turbin angin lepas pantai dengan melakukan "blade walk" pertama di dunia. Rupa robot tersebut diilhami dari serangga yang memiliki banyak kaki.

Karena bangunan tinggi didirikan di udara terbuka, turbin angin menanggung beban terberat dari semua jenis kondisi cuaca, termasuk badai, suhu ekstrem, dan tentu saja, angin kencang. Menjaga agar tetap berfungsi memerlukan inspeksi rutin untuk mendeteksi kerusakan apa pun segera setelah terjadi, yang mengharuskan teknisi menskalakan turbin menggunakan sistem tali untuk keselamatan.

Alternatif yang mungkin muncul selama dekade terakhir ini adalah meminta robot melakukan pekerjaan berbahaya ini. Di antara teknologi dalam pipa adalah robot perayapan berkaki enam yang disebut BladeBUG, yang mana itu dirancang untuk merangkak melintasi bilah turbin menggunakan kaki berlapis vakumnya. Di sini, ia memindai permukaan untuk mencari retakan dan deformasi, dan pada akhirnya akan muncul kembali dengan bilahnya itu sendiri.

BladeBUG telah melalui langkahnya di menara pelatihan vertikal dan bagian blade di lahan kering, tetapi baru-baru ini perusahaan energi terbarukan lepas pantai Ore Catapult, yang berkolaborasi dalam pengembangan robot, membawanya ke laut untuk melihat bagaimana hasilnya. Ya, sebuah robot bernama BladeBUG telah melakukan "blade walk" pertama pada turbin angin lepas pantai.

Ini bukan hanya tamasya lepas pantai pertama BladeBUG, tetapi pertama kali proses "jalan pisau (blade walk)" diselesaikan oleh robot di turbin angin lepas pantai, menurut perusahaan. Robot ini menempuh jarak 50 m (164 kaki) pada bilah pisau yang diposisikan secara vertikal di fasilitas Levenmouth ORE Catapult di lepas pantai Fife di Skotlandia, menempel sempurna ke permukaan, menavigasi lekukannya dan menyampaikan data dari pemindaian dan umpan video ke teknisi di darat. Perusahaan mengatakan robot BladeBUG ini dapat mengurangi biaya inspeksi hingga 30 persen, atau sebanyak 50 persen pada turbin generasi berikutnya.

“Ini memiliki potensi yang jelas untuk memangkas biaya, mengurangi penerapan lepas pantai oleh manusia, dan meningkatkan masa pakai blade,” kata Chris Cieslak, CEO BladeBUG. “Tapi, kami belum melihat bagaimana robot itu akan bekerja pada turbin yang sebenarnya di laut. Saya menganggap perjalanan pertama BladeBUG di Levenmouth sebagai 'perjalanan bulan' angin lepas pantai - sebuah tonggak bersejarah dalam evolusi industri. Robotika akan terus ada, dan mereka akan menjadi unsur penting untuk mengoperasikan ladang angin yang terus berkembang, lokasi perairan yang lebih dalam, dan turbin yang lebih cepat dan lebih besar di tahun-tahun mendatang”.

Latihan inspeksi robot ini merupakan bagian dari proyek penelitian yang diharapkan dapat mendemonstrasikan inspeksi dan perbaikan turbin angin lepas pantai yang sepenuhnya otomatis, yang akan melibatkan perahu otonom, drone, dan lengan robotik untuk membersihkan dan memunculkan kembali bilahnya. Dan teknologi lain ini rencananya akan diujicobakan pada pertengahan tahun depan. Simak video yang memberikan gambaran umum tentang robot BladeBUG di bawah. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bladebug,
#
robot inspeksi turbin angin lepas pantai,
#
inovasi teknologi,
#
robot perayapan berkaki enam