MENU
icon label
image label
blacklogo

Kawasaki Perkenalkan Bex, Robot Berbentuk Kambing Yang Bisa Dikendarai

MAR 16, 2022@19:00 WIB | 415 Views

Pada Pameran Robot Internasional tahun 2022 di Tokyo, Kawasaki meluncurkan robot unik berbentuk kambing yang dapat dikendarai, robot ini memiliki roda dan dapat mengangkut barang di punggungnya. Dinamakan Bex, robot berkaki empat ini terinspirasi dari ibex, sejenis kambing gunung liar yang biasa ditemukan di Eurasia, Afrika Utara, dan Afrika Timur.

Robot Bex dibangun sebagai bagian dari program Kaleido Kawasaki, yang sejak 2015 membuat robot bipedal. Program ini punya tujuan untuk membangun robot yang dapat bergerak cepat melintasi medan yang sulit.

Robot berkaki empat ini menunjukkan kemampuan berjalannya yang lambat namun stabil pada acara pameran robot internasional tersebut. Robot ini bergerak mirip dengan robot anjing berkaki empat buatan Boston Dynamics. 

Robot kambing ini punya satu set roda di lututnya, yang memungkinkan Bex untuk bergerak lebih cepat di permukaan yang halus daripada kecepatan glasial yang dilaluinya saat berjalan dengan "kaki"-nya. Robot ini dapat dilengkapi dengan sandaran penumpang yang mendukung pengendara dengan bobot hingga 100 kg. Bex dikontrol melalui stang layaknya motor.

Kawasaki Robotics mengatakan, Bex dapat digunakan untuk membawa tanaman di lahan pertanian atau untuk mengangkut material di lokasi konstruksi. Selain itu, robot kambing ini dapat digunakan untuk melakukan inspeksi lokasi dari jarak jauh, seperti yang sudah dilakukan robot buatan Hyundai, Spot, di pabrik-pabrik Hyundai di Korea. Pada tahap pengembangan selanjutnya, Kawasaki akan menambahkan lengan humanoid kepada Bex. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
kawasaki,
#
bex,
#
robot