MENU
icon label
image label
blacklogo

Vespa Sprint 2014 Paduan Style dan Cita Rasa Berkendara

OCT 17, 2014@13:24 WIB | 25,416 Views

Pertengahan tahun 2014 ini PT Piaggio Indonesia kembali menancapkan taringnya lewat varian terbarunya, Vespa Sprint 150 yang meluncur bersamaan dengan tiga model lainnya yakni Vespa GTS Super, Piaggio Beverly Sport Touring 350 dan Mp3 Yourban 300. Kami tertarik "menjajal" Vespa Sprint, mengingat sejarah Vespa Sprint yang sebelumnya sempat menjadi primadona penggila roda dua asal Itali ini.

Desain Klasik Berkarakter

Berbicara mengenai desain yang diusung, karakter klasik masih tercermin dari bentuk headlamp  kotak dilengkapi dengan aksen chrome. Makin sempurna berkat paduan kedua spion yang juga mengadopsi aksen chrome. Kami merasakan ini dapat menambah cita rasa baru dalam Vespa Sprint 2014. Bagian depan juga nampak air intake sekaligus berfungsi sebagai lubang klakson. Dua lampu sein yang berada disisinya, kembali dipenuhi dengan lis chrome yang melapisi front wing. Spakbor depan kini tampil lebih besar, sehingga memberikan karakter tersendiri untuk Vespa Sprint tersebut.

Disain velg yang mengandalkan multispoke serta diberi kelir silver, dibalut dengan karet berukuran 110/70. Dibalik front wing, produsen telah menyisipkan bagasi layaknya Vespa Sprint lawas yang memiliki bagasi serupa. Cara pengoperasian bagasi ini pun sangat mudah, dengan cara menekan anak kunci pada posisi engine off, lalu bagasi atau ruang penyimpanan ini akan terbuka secara otomatis. Kapasitas yang dihadirkan memang tidak begitu besar, namun ruang tersebut cukup untuk menampung dua buah botol minuman ketika sedang berkendara.

Speedometer, ini memadukan dua unsur sekaligus. Digital pada panel instrumen fuel capacity, dan jarum speedometer yang masih menggunakan model konvenional. Dalam panel instrumen tersebut, kita dapat mengatur beberapa mode, pertama adalah trip A, Trip B, serta mode keseluruhan kilometer. Disamping itu, beberapa lampu indikator seperti fuel capacity, watch, oil meter, high beam, lampu sein, serta fitur ABS terdapat pada panel digital tersebut. Lengkap! Sedangkan saklar yang berada pada bagian kanan dan kiri memiliki peranan yang berbeda. Bagian kanan terdapat pengaturan lampu, mode, serta starter. Sedangkan dibagian kiri, telah dipersenjatai dengan lampu indicator sein, pengaturan lampu jauh atau dekat, serta klakson.

Beralih pada bagian jok, memiliki disain yang lebar serta tinggi 790 mm, memberikan kenyamanan berkendara. Secara keseluruhan, model ini memiliki panjang 1.860 mm, lebar 735 mm, dan memiliki jarak sumburoda 1.340 mm. Disektor kaki kaki, Vespa Sprint 2014 ini memiliki disain yang berbeda, baik dari ukuran dan juga motif velg. Mengadopsi velg dengan ukuran 12 inch serta motif multispoke, mampu memberikan kontribusi penampilan yang ciamik. Selain itu, fitur monoshock yang juga menjadi ciri khas Vespa, kini telah diperkuat dengan adanya fitur ABS yang memberikan keselamatan lebih dalam berkendara.

Suspensi depan yang diadopsikan pada Vespa Sprint 2014 ini menggunakan Single arm with coil spring and dual action monoshock absorber - axial stroke 78 mm, sedangkan untuk rear suspension menggunakan Coil spring with adjustable preload (4 settings), and dual action hydraulic monoshock - axial stroke 70 mm.

Beralih pada bagian bodi samping, layaknya kumbang yang sedang menutup sayapnya, Vespa Sprint ini tampil sedikit lebih bongsor. Namun hadirnya behel disektor buritan, mampu mengesampingkan kesan besar tersebut. Untuk memberikan identitas resmi, bada bodi samping bagian kanan telah disematkan dengan badge Sprint dan bagian kanan badge khas Vespa. Taillight yang berada diporos, disandingkan dengan dua buah lampu sein sebagai indikator keselataman. Uniknya adalah ketika lampu rem tersebut bekerja, maka shape 'V' akan terlihat dengan jelas, sama seperti yang ada pada model Primavera.

Sementara itu, untuk ruang penyimpanan barang utama, terletak dibagian bawah jok pengendara. memiliki kapasitas sebesar 24 liter, ruang penyimpanan ini mampu menampung satu helm full face. Disamping itu, bagasi ini rupanya bisa digunakan untuk melongok bagian injection yang disematkan pada Vespa Sprint tersebut.

Performa Responsif Vespa Sprint 2014

Puas membedah penampilan disain, kini saatnya mulai menilsik bagian performa mesin dari Sprint tersebut. Memiliki kapasitas mesin sebesar 150 cc, tentunya ini adalah tenaga yang cukup besar. Melihat para skutik lainnya hanya bermain pada besaran 125 cc, Vespa Sprint 150 ini bisa menjadi pilihan bagi para pecinta Vespa yang suka memacu gas mereka dijalan kosong.

Saat test ride, tim BX ingin tahu sebesar apa responsifnya performa dari Sprint 2014 ini. Saat "buka" gas, jarum speedometer begitu cepat dari 0 - 60 kpj, akselerasi ini cukup memuaskan ketika menggeber mesin dengan kapasitas 150 cc tersebut. Diatas kertas, tenaga yang dihasilkan oleh Sprint 2014 ini sebesar 12,7 hp dengan torsi sebesar 9,4 lb-ft. Namun ketika ingin menyentuh angka 100 kpj, ritme mesin dirasa sangat berat ketika lepas dari 60 kpj menuju 100 kpj. Kendati demikian, ini bukanlah fokus utama dalam melakukan test ride, kenyaman jauh lebih penting ketimbang memacu speed hingga 100 kpj.

Bukaan gas yang sangat mudah, juga memberikan kepuasan berkendara. Meski dalam keadaan 'stop and go', Vespa Sprint 2014 ini masih nyaman untuk dijadikan kendaraan sehari hari dalam rutinitas kantoran.

Pengalaman Berkendara Dengan vespa Sprint 2014

Ada beberapa point yang coba disampaikan oleh tim BX, setelah berdiskusi oleh para pengguna Vespa baik LX, S dan Primavera. Dari sisi berkendara, dengan karakter tubuh setinggi 170 cm, motor ini masih 'agak' terlalu tinggi, pasalnya ketika berhenti tim BX terpaksa harus jinjit, mungkin spesifikasi Vespa yang mengikuti postur tubuh orang Italia menjadi faktor utamanya. Disamping itu, beberapa catatan tambahan adalah kurang nyamannya penumpang ketika diajak mengendarai. Posisi penumpang ini sangat jauh untuk menyentuh pijakan kaki didepan, kendati demikian, hal ini bisa diantisipasi dengan menggunakan footstep yang dijual sebagai aksesoris tambahan. Dengan menggunakan footstep tersebut, posisi duduk penumpang dapat lebih nyaman.

Efisiensi bahan bakar yang dihasilkan, sangat beragam, ini dipengaruhi oleh putaran gas yang kita mainkan. Ketika putaran gas terlalu cepat, maka bensin yang keluar akan semakin besar, sama seperti motor pada umumnya. Sebagai tambahan, motor ini memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 8 liter. Secara overall, Vespa Sprint 2014 ini sangat nyaman untuk dikendarai seorang diri, ditengah kemacetan kota Jakarta, motor ini masih worth it untuk digunakan. [Har/timBX]


Spesifikasi :

Mesin : Single cylinder 4 strokes, with catalytic converter and electronic fuel injection, single overhead camshaft - 3 valves (2 intake, 1 exhaust)
Isi silinder :  155 CC
Bore x stroke (mm) : 58 x 58,6
Max power : 12.7 hp (9,5 kw) at 7,750 rpm
Maksimum torsi : 9.4 lb-ft (12,8 nm) at 6,500
Sistem pembakaran : P.I. injection (port injected)
Sistem pendingin : Udara
Starter : Electric
Transmisi :Otomatis (CVT dengan server torsi)
Kopling : Otomatis sentrifugal kering
Suspensi depan : Monoshock absorber, coil spring, panjang mounting kaliper 78 mm
Suspensi belakang : Coil spring adjustable (4 settings), monoshock sistem hidrolik, panjang mounting kaliper 70 mm
Rem depan : Hidrolik 200 mm, stainless steel disc + ABS
Rear brake : Tromol 140 mm
Velg / ban depan : Alumunium 12 inci / tubeless 110/ 70
Velg / ban belakang : Alumunium 12 inci / tubeless 120/70
Dimensi PxLxT : Panjang 73.2 in - 1860 mm, Lebar 28.9 in - 735 mm         
Jarak sumbu roda : 52.7 in - 1340 mm
Tinggi jok : 31.1 in - 790 mm
Kapasitas tangki : 2.1 us gal (8 lt)
Kecepatan maksimal :  59 mph
Warna : Rosso Dragon, Nero Lucido, Montebianco, Blu Gaiola, Giallo Positano

Tags :

#
vespa sprint 150
#
vespa sprint
#
vespa
#
pt piaggio indonesia
#
vespa gts super
#
piaggio beverly sport touring 350
#
closer look automotive