MENU
icon label
image label
blacklogo

Vespa Primavera, Modern Classic Scooter

SEP 23, 2016@14:01 WIB | 3,703 Views

Piaggio Indonesia meluncurkan Vespa Primavera terbaru pada Mei 2016 lalu bersamaan dengan Liberty, Medley, & Vespa Sprint. Primavera yang pertama kali diperkenalkan pada EICMA 2013 merupakan pengganti dari varian Vespa LX.

Pada Primavera terbaru, mesinnya kini menggunakan i-get (Italian Green Experience Technology), hasil dari filosofi desain Piaggio Group. Mesin berkapasitas 154,8 cc ini menghasilkan tenaga 12 hp pada 7.500 rpm dengan torsi puncak 12 Nm pada 5.000 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi Automatic CVT (Continuous Variable Transmission).

Selain mesin baru, Primavera menggunakan sistem engine mounting baru, positioning arm tambahan, karet peredam, dan peredam damper ganda. Hasilnya? Jika dibandingkan generasi sebelumnya, kini getaran yang dihasilkan  mesin terasa lebih minimum pada bagian kemudi, lantai, dan jok.

Primavera tampil dengan desain khas yang menawan, sangat mudah sekali untuk dikenal sebagai sebuah Vespa. Vespa selalu menggabungkan garis desain khas, dengan teknologi terbaru. Seperti Instrumental panel yang diselingi MID, lampu sein dengan DRL LED, dan juga socket USB untuk melakukan pengisian.

Vespa selalu identik dengan gaya hidup, Primavera tentu tidak terlepas dari image tersebut. Mengendarai Primavera di perkotaan membuat Anda menjadi pusat perhatian, terlebih lagi dengan paduan warna body putih dengan jok berwarna merah.
Posisi berkendara terbilang santai dan cukup memanjakan, berkat jok tebal dengan desain ergonomis. Namun lain ceritanya jika Anda dibonceng, karena pijakan kaki penumpang hanya tersedia pada bagian lantai.Sehingga motor ini akan lebih nyaman jika Anda yang mengendarai.

Pengendaraannya terbilang menyenangkan, mesin baru kini membuatnya lebih minim getaran, dan torsi cukup melimpah saat memutar gas dari posisi diam.  Berkat transmisi CVT, Anda dapat merasakan torsi optimal di beragam kecepatan. Penggunaan rangka monokok membuatnya terasa mantap saat digunakan, terlebih lagi pada kecepatan tinggi.

Suspensi depan single arm dengan helical spring & single double-acting hydraulic shock absorber memainkan perannya dengan baik, jalanan keriting dapat diredam dengan baik, begitu pula saat bermanuver. Dikombinasikan dengan shock absorber dengan empat pengaturan preload membuatnya begitu nyaman dikendarai.

Dari segi kepraktisan, Primavera menyediakan ruang penyimpanan pada bagian depan. Anda bisa menaruh barang berukuran kecil, maupun mengisi smartphone melalui socket USB yang tersedia. Sedangkan bagian bagasi dapat memuat helm half face.

Kesimpulannya, Primavera merupakan skuter dengan tampilan yang menggoda. Penggunaan mesin baru meminimalisir getaran yang ditimbulkan oleh generasi sebelumnya. Dengan desain terinspirasi dari skuter premium Vespa 946, membuat Primavera menjadi skuter yang menarik untuk dimiliki.[aag/timBX]

Vespa Primavera 150 3V i.e.
 
Engine : I-Get, single cylinder, 4 strokes, 3 valves
Ignition : Electronic injection
Capacity : 154,8 cc
Maximum Power : 12 hp / 7.500 rpm
Maximum Torque : 12 Nm / 5.000 rpm
Cooling System : Forced Air
Transmission : Automatic CVT (Continuous Variable Transmission)
Front Suspention : Single arm with helical spring and single double-acting hydraulic shock absorber
Rear Suspention : Shock absorber with adjustable preload with 4 settings
Front Brake : 200-mm disc brake
Rear Brake : 140-mm drum brake
Front Tire : Tubeless 110/70 – 11”
Rear Tire : Tubeless 120/70 – 11”
Dimensions : 1.852 mm/680 mm
Wheel Base : 1.334 mm
Seat Height : 780 mm
Fuel Capacity : 8.5 L
Emission : Euro 3
Price : Rp 36.500.000 (Otr Jakarta)

Tags :

#
vespa primavera,
#
vespa