MENU
icon label
image label
blacklogo

Perbedaan Vespa S dan Vespa Sprint

FEB 18, 2020@20:00 WIB | 3,244 Views

Siapa yang tak kenal Vespa? Kendaraan roda dua asal Italia. Meski kini Vespa terbilang kendaraan "jadoel", namun sepeda motor tersebut masih diminati banyak orang, terutama kaum milineal.

Salah satu jenis Vespa yang masih digandrungi ialah Vespa S. Kendaraan yang diproduksi pada tahun 1965-1967 itu merupakan 'kakak' dari Vespa Sprint.

Walaupun Vespa S sendiri kepanjangan dari 'Vespa Sprint", namun terdapat perbedaan spesifikasi dari kedua jenis kendaraan tersebut. Agar lebih jelasnya, mari kita kupas tentang perbedaan dari  Vespa tersebut.



Pada bagian depan, Vespa S memiliki kepala jenong. Vespa ini juga mempunyai emblem dengan lambang 'p coret' pada dasinya. Tak ketinggalan, Vespa S juga memiliki tulisan 'Vespa S' dengan bahasa latin. Pada bagian belakang, Vespa antik ini memiliki stoplamp siem pet, orang biasa menyebutnya dan tulisan 'Vespa Sprint' berbahasa latin.

Beralih ke Vespa Sprint. Vespa jenis ini memiliki dua tipe, yakni Vespa Sprint Latin dan Vespa Sprint Veloce. Berbeda dengan kaknya Vespa S Kedua varian Vespa ini  sudah memiliki logo baru yang berbentuk heksagonal (logo cung) tersamatkan didepan menggantikan logo P Coret seperti generasi sebelumnya. Walau keduanya merupakan lahir dari jenis yang sama, namun dua kendaraan tersebut memiliki beberapa perbedaan.

Untuk Vespa Sprint Latin, memiliki kepala dengan bentuk jenong dan emblem bertuliskan 'vespa' latin miring di bagian depan dan tulisan '150 sprint' di belakang. Vespa ini diproduksi pada 1968-1974.



Sedangkan Vespa Sprint Veloce, mempunyai kepala berbentuk kotak (asbak) dan ada juga bulat (bagol). Vespa yang diproduksi pada 1969-1979 ini memiliki emblem dengan tulisan 'Vespa' di bagian depan dan 150 sprint v di bagian belakang. Konon Vespa berkepala Asbak dan Bagol ini hanya di produksi untuk pasar Indonesia aja loh!



Kendati begitu, Vespa S dan Vespa Sprint memiliki spesifikasi mesin yang hampir sama dibekali dengan mesin bertenaga 150cc.

Untuk warna, Vespa S mempunyai varian warna yakni putih, biru dan silver. Sedangkan Vespa Sprint memiliki lebih banyak varian yakni silver, putih, biru, hijau, coklat muda, violet dan gold.

Sedangkan harga Vespa Sprint latin dan Sprint Veloce mencapai harga 10 juta sampai 20 juta, sedangkan Vespa S 20 juta sampai 40 juta tergantung tingkat ke originalitas motor Vespa tersebut, menakjubkan bukan ?

Konon Vespa S ini terbilang salah satu Vespa yang langka keberadaannya karena diproduksi hanya 3 tahun dan memiliki sensasi berkendara yang berbeda. Apakah Vespa ini jadi salah satu Vespa kolektor? Hmmm saya rasa pantas![Mqd/Hsn/timBX]

Tags :

#
vespa,
#
vespa s,
#
vespa sprint,
#
italia