MENU
icon label
image label
blacklogo

Sejarah Klub Vespa Hingga Mendunia

JUN 04, 2020@10:24 WIB | 1,499 Views

Pertama kali Vespa lahir pada tahun 1946, ternyata langsung menarik perhatian masyarakat Eropa saat itu. Vespa versi pertama ternyata langsung terjual sebanyak 2.000 unit lebih. Untuk lebih menyatukan para pengguna Vespa, pada akhirnya didirikanlah klub Vespa untuk pertama kalinya yang diharapkan dapat saling sharing sesama pengguna Vespa. Dengan Klub Vespa pertama lahir di Italia dan kemudian merambah ke luar negeri.

Pengelompokan penggemar Vespa, erat hubungannya dengan penjualan Vespa di pasar internasional. Pada tahun 1953 ada lebih dari 10.000 dealer dan layanan purna jual Piaggio di seluruh dunia, termasuk di Asia dan Amerika, dan lebih dari 50.000 pemilik Vespa merupakan anggota Klub Vespa di seluruh dunia.

Tetapi sejak tahun 40-an sebenarnya, Enrico Piaggio yang didukung oleh jurnalis olahraga, Renato Tassinari pernah menyelenggarakan konvensi dan pertemuan antar pengguna Vespa, untuk menciptakan atmosfir baru, yang akan tumbuh dengan kegiatan lainnya, termasuk membuat fondasi dan promosi Klub Vespa. Organisasi penggemar Vespa ini tidak hanya dapat mempromosikan citra perusahaan milik Enrico Piaggio, tetapi juga memperlihatkan efektivitas jaringan penjualan dan dukungan dari Vespa.

Di Fiera Campionaria, Milan pada tahun 1948, Klub Vespa Italia mengorganisir sebuah pertemuan yang disebut "Silver Swarm" dengan hadirnya Vespa model pertama berwarna hijau keperakan. Pertemuan berskala besar pertama ini ternyata membawa hasil luar biasa. Pada tahun 1951, sebanyak 20.000 penggemar Vespa turut ambil bagian dalam Vespa Day Italia. Sepanjang tahun 1950-an, kegiatan ini selalu dilakukan bahkan ada yang sampai touring hingga sejauh 2.000 km, di Eropa.

Vespa pun menjadi fenomena sosial yang terus ada hingga kini dan digambarkan sebagai gaya hidup masa kini, yang tentunya ingin menghilangkan pemikiran mengenai masa perang dunia kedua, karena Vespa berdiri setelah PD II berakhir saat itu.

Vespa Club Eropa didirikan di Milan pada 8 Februari 1953 atas inisiatif Renato Tassinari, dengan dukungan dari delegasi yang mewakili Klub Vespa di Italia, Belgia, Prancis, Jerman, Belanda dan Swiss, untuk mengoordinasi dan mengembangkan hubungan, acara dan kegiatan lainnya di antara penggemar Vespa di masing-masing negara di Eropa.

Dua bulan setelah pembentukan Vespa Club Eropa, kemudian masuklah Austria, Denmark, Inggris, Portugal, Spanyol dan Swedia. Selanjutnya, Vespa Club Mondial didirikan dan bersama dengan Vespa Club Eropa, kemudian dinamai Fédération Internationale des Vespa Clubs, dan kemudian resmi dibubarkan pada 30 November 2005.

Akhirnya, pada 14 Maret 2006, Klub Dunia Vespa dibentuk untuk mengoordinasi dan mempromosikan semua klub Vespa di dunia. Piaggio mempromosikan pembentukan asosiasi baru ini, yang tujuannya adalah untuk memanfaatkan pengalaman dan inisiatif terbaik yang dibuat oleh para penggemar Vespa di berbagai negara, meningkatkan peran asosiasi nasional dan dukungan semua Klub Vespa. Hingga sekarang, ada 49 Klub Vespa Nasional dengan 82.000 anggota di seluruh dunia. Setiap tahun, Klub Vespa nasional dan penggemar Vespa dari seluruh dunia datang bersama untuk memperingati Vespa World Day.[prm/timBX]

Tags :

#
blackpals,
#
klub vespa,
#
piaggio,
#
vespa,
#
world vespa day,
#
hari vespa dunia