MENU
icon label
image label
blacklogo

Suprima S, Wujud Hatchback Terbaik Proton

DEC 13, 2013@15:35 WIB | 1,838 Views

Setelah resmi meluncurkan Proton Suprima S akhir bulan Oktober lalu di Indonesia, PT. Proton Edar Indonesia (PEI), selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Proton di Indonesia memberikan kesempatan kepada blackxperience.com untuk merasakan langsung hatchback asal negeri Jiran Malaysia itu. Sebagai mobil hatchback yang diklaim terbaik diantara produk Proton lainnnya, Suprima S punya segudang fitur dan menawarkan teknologi seperti yang ada di mobil kelas premium. Seperti apa sensasi berkendara bersama Proton Suprima S ? berikut ini ulasan singkatnya.

Memandang Proton Suprima S dari luar terpancar aroma sporty yang merambat dari depan hingga belakang mobil. Sekilas tampilan depan mobil mengingatkan kita kepada Proton Preve, maka tak heran kalau Suprima S disebut-sebut sebagai Preve versi hatchback. Sebagai wujud penyempurnaan dari model Preve, Suprima S memiliki garis lekukan pada kap mesin yang seolah-olah mengarahkan pandangan ke desain grill sarang lebah. Menempel pada grill tampak sebuah logo kebanggan Proton di percantik dengan hadirnya lapisan krom melengkung dan memanjang seakan menyatu dengan sepasang lampu utama yang menggunakan teknologi proyektor dan telah dilengkapi dengan lampu senja sekaligus berfungsi sebagai daytime running lights.

Belakang mobil memiliki desain yang unik dan berani sekaligus menjadi ciri khas Suprima S, jadi wajar saja jika pihak Proton begitu membanggakan bagian belakang mobil. Pada bagian belakang mobil terpasang spoiler atap lengkap dengan lampu LED ditengahnya, lalu desain bemper belakang yang dibentuk sedemikian rupa sehingga terlihat bagaikan diffuser ditambah lampu LED di tengah kian menambah aroma sporty mobil 5 pintu ini. Beralih ke bagian kaki-kaki, pemilihan velg 16 inch palang 7 sangat cocok sekali sehingga membuat mobil yang pada bulan Agustus lalu meluncur di Malaysia tampil lebih sport.

Aroma mewah mulai terasa ketika memasuki ruang kabin, ini ditunjukkan dari seluruh jok yang terbungkus oleh bahan kulit diikuti oleh lingkar kemudi. Ditambah sentuhan karbon kevlar yang memanjang di dashboard lalu dipadu dengan warna silver pada bagian tengah. Terdapat beberapa tombol pengaturan di bagian tengah dan sebuah layar sentuh dengan beragam fitur melimpah diantaranya radio, sistem navigasi, konektivitas USB, Bluetooth, menampilkan kamera saat parkir mundur dan lainnya, yang menarik dari head unit head unit 2 DIN bermonitor ini adalah telah dilengkapi sistem operasi berbasis Android.

Menambah kesan sport, Proton menawarkan fitur Paddle Shift yang terletak di balik kemudi sehingga memungkinkan si pengemudi merasa sedang berada di mobil balap Formula 1. Tak hanya itu saja beberapa tombol pengaturan audio juga di sematkan dibagian lingkar kemudi. Rasa sport Suprima S semakin dipertegas oleh hadirnya mesin berkapasitas 1.600 cc lengkap dengan turbo yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 103kW dan torsi 205Nm pada 2000-4000 rpm.

Setelah mengupas bagian eksterior dan interior mobil seharga Rp. 275 juta ini, kurang lengkap rasanya kalau tidak merasakan peforma dari mesin 1.6 tersebut. Pada kesempatan ini kami memilih jalan dengan karakter yang berbeda-beda maka tercetuslah ide untuk membawa Suprima S ke Puncak, Bogor. Perjalanan dari Jakarta menuju Bogor ditempuh melalui jalan tol, selama berada di jalan tol tim merasakan akselerasi mobil tergolong lambat. Tetapi power dapat dirasakan saat pedal gas terus diinjak, tenaga semakin berisi diputaran atas.

Menikmati track dengan lalu lintas cukup padat di tol Jagorawi, kami merasakan Suprima S cukup mendukung untuk diajak zig-zag menyalip kendaraan-kendaraan lainnya. Semakin asyik saat RPM berada dikisaran angka 3000. Entah apakah ini berkat pengaruh turbo, kami merasakan mesin tidak ada hentakan yang berarti namun tenaga tidak juga "boyo" atau berat. Sensasi sport dapat dirasakan dengan transmisi di mode manual. Di transmisi manual, mobil jelas lebih bertenaga dan responsif.

Bukan hanya soal "rasa" berkendara saha yang dihadirkan oleh Suprima S. Tim juga merasakan lengkapnya fitur safety riding dari sisi spion. Pasalnya, saat ditengah kemacetan, kami mencoba menutup spio otomatis untuk menghindari bentrokan dengan sepeda motor. Saat mobil mulai berjalan memasuki 20 km/jam, secara otomatis spion akan membuka. Ini menandakan Proton semakin memperhatikan fitur-fitur keselamatan pengendara.

Karakter suspensi yang empuk membuat perjalanan tim semakin nyaman dalam melibas jalan beraspal dan berbatu. Proton benar-benar memperhatikan setiap aspek dari mobil ini, termasuk soal peredam kabin yang boleh dibilang sangat bagus, suara ban dan keramaian tidak terlalu terdengar ke dalam kabin. Ruang kaki dan sandaran kepala yang pas membuat membuat penumpang di bangku baris kedua merasa nyaman dan lega.

Model terbaru Hatchback ini, juga dilengkapi dengan 6 (enam) air bags sebagai fitur keselamatan, anti-trap power window, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake force Distribution), dan ESC (Electronic Stability Control) dengan TC (Traction Contro) dan varian Premium ini juga dilengkapi dengan Park Assist dengan sensor parkir depan dan belakang, Hill-Hold Assist dan kamera mundur. di Indonesia Proton Suprima S tersedia dalam 5 (lima) pilihan warna yaitu, Tranquility Black, Solid White, Genetic Silver, Atlantic Blue, dan Fire Red.[san/nus/timBX]

Spesifikasi Proton Suprima S Premium

Mesin : CamPro 1.6 Turbo.
Kapasitas Mesin : 1561 cc.
Transmisi : Seven-speed CVT automatic.
Tenaga : 103kW @ 5000 rpm.
Torsi : 205Nm @ 2000-4000 rpm.
P x L x T : 4536 mm x 1786 mm x 1524 mm.
Ukuran Velg : 205/55 R16 - Alloy.
Rem Depan Belakang : Vent Disc 15”/Solid Disc 15”.
Suspensi Depan : MacPherson Strut.
Suspensi Belakang : Multilink with Stabiliser Bar.
Fitur lainnya : ABS with EBD, Hill-Hold Assist, Brake Assist (BA) and Traction Control, Electronic Stability Control (ESC), Airbags, Front Fog Lamps, Front & Rear Parking Sensor, Steering Wheel Leather Wrapped with Audio Switch, PROTON Infotainment System, Speaker 6 (2 tweeter at A-Pillar), Rear LED Light Guide, Projector Headlamp with Daytime Running Light (DRL), Rear Spoiler, Push Start/Stop Button, Auto Cruise.

Tags :

#
closer look
#
closer look otomotif
#
mobil
#
pt proton edar indonesia
#
proton suprima s
#
proton preve