MENU
icon label
image label
blacklogo

New Suzuki Swift Sport, Performa Gesit dan Bergaya Sporty

AUG 08, 2014@17:29 WIB | 5,546 Views

Demi memenuhi keinginan para pelanggan yang mendambakan mobil Small hatchback bergaya sporty dan memiliki peforma handal, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan New Suzuki Swift Sport beberapa waktu lalu. Model terbaru dari Suzuki Swift ini menawarkan sesuatu yang berbeda bila dibandingkan Swift standar baik itu dari segi tampilan maupun peforma. Suzuki Swift Sport dibangun dari DNA yang sama seperti pendahulunya, namun lebih mencerminkan ke arah konsep yang sporty.

Belum lama ini PT. SIS memberikan tim Blackxperience.com untuk merasakan langsung New Suzuki Swift Sport, hal ini semakin menambah penasaran tim dan membuat ingin langsung mencoba mobil yang kabarnya didatangkan langsung dalam bentuk utuh dari Jepang Ini. Ketika mendengar kata sport tepat di depan kata Swift yang terlintas dibenak adalah tampang yang menyerupai mobil balap dan memiliki performa yang tidak biasa.

Aroma sporty memang sudah cukup terasa di model Swift varian lain, namun dengan kemunculan Swift Sport ada kesan bahwa Suzuki ingin memberikan sensasi sporty yang lebih pada produk barunya ini. Lantas untuk menjadikannya terlihat sporty, Suzuki melakukan penyempurnaan dengan merubah bentuk gril lebih lebar, lampu kabut yang dibungkus bahan plastik berkualitas dengan desain 3 sirip sehingga manambah rasa sport.

Desain bemper depan dan belakang dirancang secara eksklusif agar tercipta kesan sporty yang sangat kental dan untuk mengejar sisi aerodinamis. Tak ketinggalan sepasang pipa knalpot dengan diffuser menambah kental aroma sporty begitu juga spoiler atap serta velg aloy di keempat titik yang tidak hanya menyemburkan aroma sporty tapi juga terlihat kokoh.

Memasuki ruang kabin, kembali Suzuki menawarkan desain eksklusif dimana tiap desainnya tak menghilangkan kesan sport. Jok fabric berwarna hitam ditambah jahitan timbul warna merah menjadi andalan Suzuki untuk mobil Jepang agar si pengendara dan penumpang bisa merasakan sensasi berkendara ala mobil sport. Turut menambah sensasi berkendara ala mobil sport pada umumnya, bagian lingkar kemudi diberi lapisan kulit dengan perpaduan warna hitam dan merah.

Speedometer dengan 5 indikator mengkombinasikan kemudahan fungsi dengan tampilan yang rapi. Sebagai perangkat hiburan,  Swift Sport dilengkapi dengan head unit yang sangat bersahabat dan mudah untuk dioperasikan, apalagi ada tambahan tombol kontrol audio di sebelah kiri stir sehingga mempermudah si pengemudi dalam menganti chanel radio, suara dan lainnya tanpa harus melepaskan tangannya dari stir.

Nah ini dia yang paling di tunggu-tunggu, yakni merasakan mesin Suzuki Swift Sport. PT SIS menawarkan 2 pilihan tnasmisi, manual dan otomatis, pada kesempatan ini tim mendapatkan Swift Sport dengan transmisi manual. Menurut data pabrikan, Swift Sport dibekali mesin tipe M16A 1.6L VVT yang diklaim mampu menyemburkan tenaga 136 ps dan menghasilkan torsi 160 Nm.

Secara realitanya akselerasi Suzuki Swift ini, kami merasa tarikan mesin responsif dan sangat "galak" diputaran bawah. Pemahaman kami ini sesuai dengan tagline sport yang diembannya. Selanjutnya ketika mesin berada diputaran atas perpindahan gigi pun cukup halus meski hentakan mesin masih bisa kami rasakan. Satu hal yang menyenangkan bagi kami adalah saat melintasi daerah Pulogadung, dari gudang PT SIS, tempat kami mengambil mobil. Situasi lalu lintas yang sangat padat dan sedikit macet, kami cukup menikmati karena mesin mendukung untuk melibas track tersebut. Selap-selip untuk mengambil sela diantara kendaraan lain dapat dengan mudah kami lakukan.  

Kami pun mengarahkan konsentrasi pada kenyamanan berkendara. Bagi driver memang suspensi keras menjadi hal yang dimaklumi mengingat karakter sport yang begitu kental pada hatchback ini. Tingkat kestabilan boleh diakui untuk ukuran mobil standar harian. Namun, dipandang dari sisi penumpang tentu ini bukan sebuah hal yang mengasyikkan. Saat mencoba duduk di jok belakang, ruang antar kaki penumpang atau legroom tergolong minim alias sempit. Kemudian berbicara soal posisi duduk saat mengemudi, bentuk jok model bucket-nya masih nyaman untuk pengemudi dengan postur tubuh standar. Secara menyeluruh kami merasakan performa dan tampilan Suzuki Swift Sport memang layak untuk diperhitungkan dan patut dicoba terlebih bagi Anda yang berjiwa sporty. [san/nus/timBX]

Spesifikasi New Suzuki Swift Sport

Mesin : M16A 1.6L VVT
Transmisi : 6 Speed Manual Transmission
Tenaga Maksimal : 136 PS.
Torsi : 160 Nm
Ban dan Velg : 195/50R16 + Alloy Wheels
Suspensi Depan : MacPherson sturt with coil spring
Suspensi Belakang : Torsion beam with coil spring
Kapasitas Bagasi : 900 litres
Fitur lainnya : Air Bags, Automatic Climate Control Air Conditioner, Push Start Stop Engine, Sport Seats, Sporty Steering Wheel Steering Switch Audio Control, Sporty Speedometer + Multi Information Display, Sport Exclusive Front Bumper, Sport Exclusive Rear Bumper, Dual Exhaust Pipes with Sport Dffuser, HID Projector Headlamp with Washers, 3 Finned Fog Lamp Bezel, Large Mesh Grille.

Tags :

#
new suzuki swift sport
#
suzuki swift sport
#
suzuki swift
#
suzuki
#
pt. suzuki indomobil sales
#
closerlook automotive