MENU
icon label
image label
blacklogo

New Suzuki Baleno Hatchback GL A/T - Big Improvement

APR 19, 2018@13:00 WIB | 6,230 Views

Suzuki Baleno telah kembali. Dan kali ini emblem Baleno akan terlihat pada sebuah bentuk hatchback, tidak seperti model sebelumnya yang berbentuk sedan layaknya Ciaz. Suzuki telah kehilangan pembeli setia Baleno, saat model ini vakum selama beberapa tahun. Sekarang dengan PT Suzuki Indomobil Sales, perusahaan fokus pada segmen hatchback premium. Ini akan menjadi produk kedua yang dijual setelah Suzuki S-Cross.

Dibuat di atas platform baru, Baleno juga mengusung desain interiornya yang juga baru yang belum pernah terlihat pada mobil Suzuki sebelumnya. Baleno Hatchback  adalah semua tentang kesegaran, gaya dan tren. Interiornya mengesankan dan menonjol ketimbang kompetitornya. Meski kontur dasbornya yang sporty, namun kualitas materialnya tetap terjaga. Enak dipegang, sama rasanya saat menggenggam setirnya. Belum lagi ada layar TFT baru dengan dua dial untuk instrumen clusternya.

Ada banyak ruang di dalam mobil, termasuk ruang kaki, ruang lutut dan ruang kepala. Bagasi meski kini berbentuk hatchback, masih memiliki kapasitas 339 liter, lebih dari cukup untuk membawa kargo untuk perjalanan akhir pekan Anda. Apalagi Baleno Hatchback hadir dengan dual airbag dan ABS sebagai fitur standar. Yang disayangkan, tidak ada ventilasi AC belakang, padahal ini menjadi fitur yang semakin penting.

Terlihat subjektif tetapi Suzuki telah membuat desain baru yang akan menjadi bagian dari bahasa desainnya. Baleno memiliki gril jala hitam dengan desain headlamp yang mirip Swift. LED menambahkan tambahan rasa lebih tanpa terlihat hambar.

Profil samping memiliki garis pinggang yang meninggi untuk untuk fender roda lalu ada juga pilar A yang maju sehingga pandangan ke samping lebih jelas. Ban 16 inci terlihat lebih kecil, menunjukkan bahwa ban ukuran besar dapat digunakan pada hatchback premium ini. Bagian belakang memang terlihat memukau dengan lampu ekor berbentuk C yang terlihat luar biasa. Apalagi ada spoiler belakang yang terintegrasi makin terlihat sporty.

Baleno hatchback lebih ringan daripada Swift berkat platform HEARTECT baru dan meski ringan menjadi target utama, namun sasisnya diklaim lebih kuat 10 persen. Suzuki ini telah diupgrade dengan halus (ingat, mobil ini dibuat untuk menyenangkan mereka yang dulu menemukan sesuatu yang kurang dalam Swift) dan kenyamanan adalah apa yang dituju Baleno.

Meski begitu kualitas berkendara cukup bagus dan mobil menyerap hampir semuanya getaran dengan tenang. Bahkan di jalan yang buruk, walau ada sedikit suara yang menyelinap ke kabin, suspensi bekerja diam-diam untuk meredakan aspal yang buruk. Tetapi di jalan tol, suara bising ban masuk ke dalam kabin. Untuk mengimbanginya, Anda harus setel suara audio bluetooth-nya lebih kencang.

Soal kemampuan akselerasinya, performa mesin K14B yang disematkan pada Baleno Hatcback ini, bisa diandalkan. Meski Baleno Hatchback yang kami jajal kali ini bertransmisi otomatis 4 percepatan, namun tarikannya cukup responsif. Baik saat akselerasi awal, maupun di putaran tinggi.  Tenaganya juga terasa pas untuk sebatas dibawa membelah kemacetan atau cruising di kondisi lalu lintas yang lengang. Remnya juga terasa mantap karena dengan hanya sedikit menginjaknya, mobil pun langsung berhenti dengan baik.

Apalagi Suzuki Baleno memiliki wheelbase panjang yang membantu memberikan hatchback ini stabilitas kecepatan tinggi yang sangat baik. Handlingnya bagus dan kontrol bodi juga sangat baik, meskipun tidak di liga yang sama dengan Swift yang lebih sporty.

Yang jelas, Suzuki Baleno generasi keempat terbaru ini lebih ringan, kaku dan lebih aman. Meski desain bersifat subjektif dan Baleno tidak berada dalam urutan tertinggi mobil paling keren, tetapi apa yang didapatnya adalah paket lengkap dari model legendaris Suzuki ini. Kualitas interior, ruang dan drivability adalah salah satu yang terbaik di segmennya.

Suzuki Indomobil Sales mencentang semua kotak isian dengan benar dengan Baleno hatchback dan inilah yang dibutuhkan pemakai setianya. Ini adalah generasi baru Suzuki dan dia berdiri kokoh, mengirim sinyal ke rivalnya bahwa dia tidak akan tinggal diam dan tidak akan menyerah dalam segmennya. Dia ada untuk memimpin dan mempertahankan pangsa pasarnya.

Baleno hatchback adalah yang pertama dan banyak lagi yang akan datang dari Suzuki. Jadi Suzuki sekali lagi melengkapi amunisinya dengan Baleno dan ini adalah segmen yang meningkat. Nilai jual dari merk Suzuki membuatnya menjadi pilihan bagus untuk dibeli. [bil/timBX]

Spesifikasi New Suzuki Baleno Hatchback GL A/T

Dimensi           3.995 mm/ 1,745 mm/ 1,510 mm

Sumbu roda     2,520 mm

Mesin              K14B DOHC

Kapasitas         1,373 cc

Tenaga             91  HP @ 6.000 rpm

Torsi                130 Nm @ 4,200 rpm

Transmisi         4-speed automatic

Berat               1,405 Kg

Suspensi          McPherson Strut & Torsion Beam (depan & belakang)

Ban                  195/55 R16

Harga              Rp 212 juta

Tags :

#
auto reviews,
#
suzuki,
#
new suzuki baleno hatchback,
#
suzuki indomobil sales