MENU
icon label
image label
blacklogo

Mencoba Proton Preve, Sedan Turbo Dari Malaysia

SEP 06, 2013@13:46 WIB | 2,319 Views

PT Proton Edar Indonesia, baru saja meluncurkan Proton Preve di Indonesia. Sedan yang tersedia dalam varian Premium ini dibanderol dengan harga Rp. 285 juta. Sebelum meluncur di Indonesia, produk global dari Proton satu ini telah lebih dulu mendarat di Australia, Thailand dan Brunei. Bila dibandingkan dengan produk Proton lainnya, Preve menghadirkan desain eksterior dan interior yang menawan serta sudah dilengkapi oleh sejumlah fitur berkelas.

Pada bagian eksterior, tampilan muka depan sedan Malaysia ini cukup memukau dengan hadirnya garis-garis halus ditambah sentuhan krom yang mengapit logo Proton seolah memberikan isyarat mewah pada mobil ini. Sektor pencahayaan utama didesain secara apik dan memberikan kesan modren dengan tambahan LED serta Fog lamp tepat di bawahnya. Bagian tengah tampak garis halus tubuh yang memanjang hingga ke sektor belakang mobil. Menjelajahi bagian belakang mobil desain penuh gaya ditampilkan melalui lampu belakang lengkap dengan duck tail yang menempel pada pintu bagasi. Sebagai penopang tubuh, Proton memilih lingkar roda berukuran 16 inch dengan 10 jari-jari. Filosofi inti dari Proton dalam merancang mobil adalah menggabungkan fungsi yang efisien dengan bentuk yang indah.

Sedan Malaysia dengan panjang 4543 mm ini memiliki desain ruang kabin yang luas sehingga memberikan kenyamanan kabin terbaik dikelasnya, ekstra ruang kaki penumpang belakang dan ruang kepala menambah nyaman dan lega baik itu bagi penumpang depan maupun belakang. Disisi lain medium sedan satu ini juga menawarkan nuansa mewah dan berkualitas pada bagian kabin, ini dibuktikan melalui perpaduan gaya dari trim kayu eboni pada dashboard, konsol tengah dan dinding pintu dengan balutan kulit di lingkar kemudi dan tuas persneling. Lingkar kemudi telah dilengkapi dengan beberapa tombol pegoperasian sistem audio dan paddle Sifters 

Sementara itu di bagian panel instrumen terdapat Multi Information Display pada speedometer yang membantu memberikan informasi kepada si pengemudi secara detail. Bagian tengah dashboard terpampang layar LCD yang berfungsi untuk menampilkan sistem multimedia dan navigasi. Disekitar LCD terdapat beberapa tombol untuk mengaktivasi AC, pengunci pintu, fog lamp dan sebagainya.

Menyinggung soal dapur pacu, Proton Preve dibekali dengan mesin 1.6 CAMPRO CFE. Spesifikasi mesin tersebut ditopang dengan 7-Speed Protronic Transmission, sportivitas turut dihadirkan melalui paddle shifters. Sebagai sedan yang membidik kaum urban metropolis, selain tampilan mewah, karakter mesin cukup bersahabat untuk melibas track perkotaan yang padat lalu lintas. Namun bila ingin over taking di tengah kemacetan diperlukan sedikit pijakan gas ekstra guna mendapatkan tenaga di putaran bawah.

Tim BlackXperience merasakan kenikmatan berkendara saat mesin berada di putaran atas. Power benar-benar terekspos baik ketika putaran mesin di angka RPM 2500 hingga RPM 4000. Ini disebabkan hadirnya piranti turbocharger dan intercooler yang disematkan langsung dari pabrikan. Kondisi demikian tim rasakan saat berada di tol lingkar luar (JORR) Jatiwarna. Situasi kondusif memungkinkan mobil diajak bermanuver dan sedikit berzig-zag di kecepatan 100 KM/jam, masih tergolong nyaman. Tuas transmisi berada di posisi "S", perpindahan ke manual jelas semakin membuat "asyik" mengendarai Proton Preve.

Kondisi suspensi cukup keras, tak hanya aura sport tetapi tim merasa karakter tersebut mampu mendukung stabilitas Proton Preve saat tim menggeber di angka 120 KM/jam. Kenikmatan berkendara di putaran atas sedikit terusik ketika power mesin harus turun hingga RPM dibawah 2000. Nafas mesin seolah tersengau dan "merayap" untuk kembali mendapatkan tenaga alias speed-nya. Jadi mempertahankan posisi RPM di angka 3000 pilihan yang tepat untuk melahap lintasan tol antar kota saat sepi.[san/nus/timBX]

Spesifikasi Proton Preve

Mesin : 1.6 CAMPRO CFE.
Transmisi : 7 speed ProTronic.
Tenaga : 138 hp @ 5000 rpm.
Torsi ; 205Nm @ 2000-4000rpm.
Pxlxt : 4543 x 1786 x 1524 mm.
Ukuran Roda : 205/55 R16-Alloy
Suspensi depan/belakang : MacPherson Strut / Multilink with Stabiliser bar.
Rem depan/belakang : Vent Disc 15 inch / Solid Disc 15 inch.
Fitur lainnya : Push start button, Paddle shifters, LED position lamp, Projector headlamp, GPS navigation, Audio system, LED turn signal, airbags, Brake Assist (BA) and Traction Control, Electronic Stability Control (ESC), ABS with EBD, dan lain-lain.
 

Tags :

#
closer look
#
closer look otomotif
#
mobil
#
pt proton edar indonesia
#
proton proton preve