MENU
icon label
image label
blacklogo

Intip Keunggulan dan Kelemahan Honda BR-V

AUG 28, 2015@14:13 WIB | 30,704 Views

Honda BR-V menjadi perbincangan yang cukup serius ditengah-tengah dua perhelatan pameran otomotif akbar yang berlangsung di Indonesia tahun ini. Honda BR-V mendebut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) berselang sehari kemudian Honda BR-V muncul juga di Indonesia International Motor Show (IIMS).

Apa sesungguhnya potensi yang disimpan Honda BR-V? Benrkah ia hanya menjadi versi crossover tujuh penumpang dari model Mobilio? Atau ada kelebihan lainnya? Tim Blackxperience.com pun hadir langsung untuk melihat lebih dekat bagaimana Honda mengemas BR-V untuk siap di distribusikan ke tangan konsumen mulai awal 2016 mendatang.

BX Closer Look Automotive kali ini memang cukup spesial mengingat kami melakukannya bersamaan World Premier alias penampilan perdana. Ya, Honda BR-V memang baru kali ini muncul ke permukaan, dimana pun kapan pun crossover 7 penumpang itu sebelumnya hanya menjadi riset di kalangan internal Honda.

Beruntung bagi negara ini karena kerap kali jadi pusat perhatian produsen otomotif dunia. Begitupun dengan Honda BR-V, pasca kesuksesan Mobilio yang diracik khusus sesuai selera pasar Dalam Negeri, kini giliran BR-V. Large Project Leader of Honda BR-V, Atsushi Arisaka menyebut kalau Honda BR-V menggabungkan antara ketangguhan sebuah SUV dengan kenyamanan utilitas MPV.

Parasnya seakan percampuran antara Mobilio dan CR-V. Ini terlihat dari pemakaian grill berupa panel horizontal berlapis chrome tetapi di bagian sudut punya headlamp menyiku dengan model projector yang mirip kepunyaan New CR-V. Kekuatan karakter SUV coba ditonjolkan lewat desain bumper depan yang terlihat taft serta aplikasi over fender plastik berwarna black matte.

Pada bagian sisi lagi-lagi unsur elegan dimunculkan berkat beberapa panel yang dilapis chrome seperti side body serta model velg. Siluet bodinya dari mulai bonet hingga ke bagian ekor juga tampak dinamis. Tarikan-tarikan garis bodi sengaja dibentuk lebih kuat. Sementara agar "nuansa" SUV makin didapat, kaki-kaki dibuat lebih jangkung oleh Honda.

Tampak belakang, entah Anda setuju atau tidak, tetapi menurut kami masih ada unsur Mobilio disitu. Hanya saja bukan tipikal Honda untuk mendesain mobil dengan model yang itu-itu saja. Karenanya mulai dari bawah lampu belakang ada lekuk tubuh yang menonjol. Bumper juga ditambahkan ornamen silver sebagai ciri khas model-model SUV Honda, sedangkan rear combination lamp yang menyatu antara kiri dan kanan sanggup mencuatkan nuansa modern.

Honda memang belum memperlihatkan secara detil bagaimana layout interior dari Honda BR-V. Namun Arisaka-San menegaskan, kabin BR-V lebih mewah dari Mobilio walau dalam dimensi dan kapasitas ruang tidak jauh berbeda. Ia pun mengatakan meski sanggup di isi oleh tujuh penumpang termasuk sopir, kapasitas bagasi masih sanggup untuk menampung ragam barang bawaan seperti galon air atau kantung belanja dan tas koper.

Lalu bagaimana dengan peta kekuatan dibalik bonetnya? Honda BR-V masih diperkuat mesin 4 silinder berkapasitas 1.496 cc. Kemungkinan besar mesin ini serupa dengan yang dibenamkan pada model Mobilio, itu berarti teknologi SOHC 16 katup i-VTEC dengan Drive By Wire juga tetap ada. Namun sepertinya Honda sedikit meracik ECU dari BR-V sehingga keluaran tenaga diklaim 120 hp pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 di 4.600 rpm. Angka ini sedikit lebih baik dari Mobilio yang punya power 118 hp pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.800 rpm.

Dimensinya juga sedikit lebih basar dari Mobilio. Honda BR-V punya panjang 4.455mm, lebar 1.735mm, dan tinggi 1.650mm. Angka ini 69mm lebih panjang, 52mm lebih lebar, serta 47mm lebih tinggi dari mobilio. Jarak sumbu rodanya pun 10mm lebih panjang dari Mobilio, serta memiliki ground clearance 200mm yang membuat aman ketika harus melintasi jalan yang "tak ramah".

Ada tiga varian Honda BR-V yang ditawarkan yakni tipe S, tipe E, dan tipe Prestige. Semuanya dibekali velg 16 inci, bedanya varian S cuma ada dengan transmisi manual, tipe E ada pilihan transmisi manual dan otomatis, sementara Prestige cuma tersedia dengan transmisi otomatis CVT. [Pra/timBX]
 
Spesifikasi
Mesin : 1.5-liter 4 silinder i-VTEC
Kapasitas : 1.496 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : fuel injection
Tenaga Maksimum : 120 hp / 6.600 rpm
Torsi Maksimum : 145 Nm / 4.600 rpm
Transmisi : 5-Speed otomatis
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : gasoline
Kapasitas Tangki : 55 liter
Panjang : 4.455 mm
Lebar : 1.735 mm
Tinggi : 1.650 mm
Sumbu Roda : 2.660 mm
Suspensi Depan : N/A
Suspensi Belakang : N/A
Ban Depan : 195/60 R16
Ban Belakang : 195/60 R16
Fitur lain : Dual SRS Airbags, ABD, EBD, VSA, Hill Start Assist, 6 inci Monitor, Audio Steering Switch, Projector Headlamp, CVT Transmission
Harga : Rp 230 juta - Rp 265 juta on the road Jakarta

Tags :

#
closer look automotive
#
review honda br-v
#
honda br-v
#
spesifikasi dan harga honda br-v
#
honda