MENU
icon label
image label
blacklogo

Ferrari California T, Kembalinya Masa Jaya Mesin Turbo

FEB 20, 2015@14:00 WIB | 6,522 Views

Dalam setiap pengembangannya, supercar khas Italia, Ferrari, selalu memberikan terobosan yang inovatif disetiap line up-nya. Sebut saja, Ferrari California T, model yang dirilis secara resmi oleh PT Citra Langgeng Otomotif selaku distributor resmi Ferrari di Tanah Air pada pertengahan tahun 2014 lalu. Model penerus dari keluarga California ini mengusung sarat perubahan yang membuatnya tampil lebih eksotis. Terlebih model ini disokong dengan fitur retracable roof.

Untuk lebih mengenalnya lebih dalam, simak beberapa penjelasan detailnya berikut ini. Untuk eksterior, wajah pendahulunya, Californa, masih terasa begitu besar. Grill yang mengalami revisi, ditambah bumper juga yang lebih sporty, memberikan wajah agresif namun tetap elegan. Logo kuda jingkrak yang menjadi identitas utama, dengan gagah disematkan dibagian poros grill. Dua buah air intake pada bumper, kini memberikan asupan udara yang lebih maksimal.

Garis body dengan lukisan yang merefleksikan nuansa atletis, ditambah dengan air intake dibagian belakang fender depan, mencirikan mobil yang sarat dengan tenaga super. Sementara itu, dibagian belakang, Ferrari California T ini memiliki 'pinggul' yang lebih padat dan berisi. Dua buah lampu yang tersebar disisi kanan dan kiri, memberikan pandangan yang lebih sempurna. Badge Ferrari, serta logo kuda jingkrak yang diposisikan ditengah pintu bagasi, lebih mengesankan aura gagah. Kehadiran diffuser dibagian bumper belakang, menjadi pelengkap penampilan yang menyematkan quad pipe exhaust.

Selanjutnya, fitur yang menjadi penopang adalah atap yang bisa dibuka secara elektrik hanya dengan satu tombol. Dalam proses membuka atau menutup roof tersebut, dibutuhkan waktu selama 10 detik saja! Kehadiran kaki kaki yang jenjang karena mengadopsi velg dengan ukuran 20 inch multispoke dibagian depan dan belakang, kemudian dibalut dengan karet Pirelli P zero, merepresentasikan aura sporty yang sangat kuat. Dukungan disc brake high performance tentunya menjadi salah satu fitur keamanan yang harus diperhatikan. Ferrari Californa T ini mengadopsi Brembo Carbon Ceramic Braking System dengan ukuran depan 390 mm dan belakang 360 mm.

Ferrari California T ini telah didukung dengan mesin turbocharged, inilah pembeda seri T dengan generasi sebelumnya, setelah F40 dihentikan pada tahun 1992 lalu. Ferrari kembali membekali sport car buatannya dengan mesin turbo. Ferrari Califronia T ini "menggendong" mesin V8 3.8 liter berkapasitas 3800 CC dan diklaim memiliki tenaga 560 horsepower. Sehingga lebih ramah lingkungan, efisien soal konsumsi bahan bakar dari pada generasi sebelumnya serta tentunya lebih bertenaga.

Kelebihan yang juga menjadi nilai jual dari sport car yang meluncur pertengahan 2014 lalu ini dilengkapi dengan sistem transmisi dual clucth 7-percepatan. Karena tenaga mesin dapat tetap terjaga saat perpindahan transmisi, alhasil tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia. Sayangnya, untuk hal ini kami tidak ada kesempatan untuk membuktikannya.

Menyinggung ruang kabin, Ferrari California T ini disusupi dengan segudang fitur yang ciamik. Dibagian lingkar kemudi, tombol engine start, suspensi, serta pengaturan fitur ESC dapat digunakan dengan mudah. Fitur ECS atau Electronic Stability Control ini dapat diatur sesuai selera. Untuk ESC Off, ini fungsi seluruhnya dioperasikan secara manual, dan biasanya ini dilakukan oleh mereka yang sudah expert dan paham betul dengan karakter Ferrari California T. Pengoprasian lampu sein, klakson, serta putaran RPM juga direfleksikan dalam lingkar kemudi. Kemudian, untuk paddle shift, produsen menyematkannya dibalik kemudi, ini memberikan kenyamanan pengendara dalam melakukan pergantian perseneling.

Ruang informasi dibagian kemudi mencakup tiga bagian, speedometer, disisi kanan, putaran RPM dibagian tengah, dan sistem informasi mobil dibagian kiri. Untuk mengoperasikan sistem informasi mobil, anda dapat mengaturnya dibagian kanan kemudi setir dengan code Main dan VDA. Bagian center console menyediakan beberap tombol seperti untuk mengoperasikan buka atau menutup atap secara elektrik. Disamping itu, aksen karbon yang menghiasi ruang kabin memberikan nuansa sporty khas supercar.

Meskipun hadir dengan kapasitas seater 2 +2, namun kursi belakang dari California T ini agak kurang nyaman dengan penumpang orang dewasa, sepertinya perusahaan mendisain kursi tersebut untuk anak anak. Kapasitas bagasi pun sangat luas, tidak seperti supercar lainnya, pada Ferrarai California T ini, kapasitas bagasi yang dihadirkan cukup untuk mengangkut dua buah tas golf, satu ban, serta cover mobil semua tertata dengan rapih. [Har/timBX]

Spesifikasi :

Mesin : V8 3.8 Liter Turbocharged
Kapasitas mesin : 3800 CC
Transmisi : F1 Dual Clutch 7-percepatan
Tenaga maksimal : 560 Horsepower
Torsi maksimal : 755 Nm
Rem depan : Brembo Carbon Ceramic Braking System 390 mm
Rem belakang : Brembo Carbon Ceramic Braking System 360 mm
Kecepatan maksimal : 315 Km/jam
Akselerasi : 0-100 km/jam dalam 3,6 detik
Panjang : 4569,5 mm
Lebar : 1910,1 mm
Tinggi : 1320,8 mm
Jarak Sumbu roda : 2669,5 mm
Suspensi depan : Double Wishbone
Suspensi belakang : Multilink
Ban depan : 245/40 R19 maksimal R20
Ban belakang : 285/40 R19 maksimal R20
Fitur keunggulan : ECS CST dengan TRAC system (kontrol stabilitas dan traksi), Turbochaged, Retractable hard top hanya butuh waktu 10 detik

Tags :

#
ferrari california t
#
ferrari
#
supercar
#
closer look automotive