MENU
icon label
image label
blacklogo

ROLLOE, Roda Sepeda yang Mampu Menyaring Polusi

OCT 18, 2020@09:00 WIB | 100 Views

Dari semua bentuk transportasi, tidak ada satu pun yang baik untuk kesehatan selain bersepeda. Tapi ada inovasi terkini yang jauh lebih baik.

Keuntungan mengendarai sepeda memang banyak, tapi siapa sangka ada inovasi baru tentang sepeda yang bisa menyerap polusi udara sekaligus upaya dalam menjaga kesehatan.

Ide menggunakan sepeda untuk secara aktif menyaring udara dan polusi coimbat saat dalam perjalanan bukanlah hal baru, telah digunakan untuk beberapa konsep sebelumnya. Namun kali ini, yang melakukan penyaringan bukanlah sepeda, melainkan roda yang disebut ROLLOE.

ROLLOE adalah kreasi desainer industri Kristen Tapping dari London (Inggris) dan telah diakui dengan penghargaan Design Innovation in Polymer 2020. Seperti yang diungkapkan Tapping dalam sebuah wawancara dengan RedBull bulan lalu, dia sekarang sedang mengerjakan prototipe ketiga, tetapi dia sudah memiliki dua yang fungsional dan teorinya. Dia bertujuan untuk mendapatkan pendanaan dan melihatnya mulai diproduksi dalam 18 hingga 24 bulan ke depan.

ROLLOE adalah roda mag tiga palang dengan dua attachment seperti dop, yang berada di bagian depan sepeda dan beratnya hanya 1.050g (2,3 pon). Di antara roda dan dop, ada tiga filter dan sirip berbeda di mana udara yang disaring akan didorong keluar. Udara kotor tersedot melalui gravitasi pusat dengan gaya sentrifugal dan didorong keluar melalui sirip. Secara teori, Tapping menjelaskan, semakin keras pengguna mengayuh, semakin banyak udara yang dapat dijernihkan.

Keuntungan yang paling jelas adalah hal itu dapat dilakukan dimanapun. Perangkat ini menggunakan tiga jenis filter untuk efisiensi maksimum: spons Loofa untuk partikel besar, HEPA untuk partikel PM2.5, dan karbon aktif untuk molekul gas dan VOC. Ini akan membuatnya cocok untuk polutan seperti PM10-2.5, Ozon O3, CO2 dan NO2.

Tapping mendapat ide saat berkendara di jalanan London dan merasakan sendiri asap knalpot, panas yang keluar dan debu. Dia memperkirakan bahwa, jika 10% sepeda di London menggunakan ROLLOE, mereka akan memfilter 20 kali ukuran Trafalgar Square. Atau , jika motor Santander yang digunakan pada tahun 2018 memiliki ROLLOE, maka akan menghasilkan 79.865 m3 udara bersih dan tersaring.

Tapping menargetkan perusahaan berbagi tumpangan sepeda terlebih dahulu dengan penemuan ini, tetapi dia juga memiliki rencana untuk sepeda milik pribadi. Armada Santander atau Mobike dapat menggunakan ROLLOE dan mendorong pengendara sepeda untuk mengayuh lebih banyak dengan melacak kemajuan dan lokasi mereka. Untuk sepeda milik pribadi, TfL (Transport for London) dapat turun tangan dan membayar untuk perangkat itu dan melakukan perawatan rutin, sebagai cara untuk mendapatkan lebih banyak pemilik untuk memasang roda ini.

Berbicara tentang servis, filter bisa dicuci dan roda akan membutuhkan perawatan seminggu sekali atau setiap 250 km (155,3 mil) untuk sepeda milik armada. Setiap operator armada dapat menggunakan aplikasi ini untuk melihat kapan perawatan sudah selesai, dan membawa sepeda ke toko lokal untuk dibongkar tetapi membersihkan filter di tempat lain.

Jika Tapping mendapatkan pendanaan dan ROLLOE mulai berproduksi, dia juga mempertimbangkan untuk mengembangkan roda belakang serupa dengan spesifikasi yang lebih dikembangkan. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
rolloe,
#
roda sepeda,
#
inovasi teknologi,
#
teknologi inovatif