MENU
icon label
image label
blacklogo

Robot Cerdas Kamera Pengintai di Atas Roda

MAY 18, 2021@16:00 WIB | 370 Views

Ketergantungan manusia terhadap teknologi abad ini adalah keniscayaan. Dengan demikian peran teknologi sangat besar dalam kehidupan sehari-hari manusia masa kini dan tentu di masa mendatang. Sebab dengan keberadaan teknologi, banyak pekerjaan yang akan menjadi lebih mudah dan lebih efisien.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia akan produk teknologi yang fungsionl, produksi ragam robot pintar pun bermunculan setiap tahunnya. Atas dasar itu, perusahaan startup Enabot tidak mau melewatkan kesempatan untuk memperkenalkan versi yang lebih baik dari smart companion Ebo - dan Cozmo sepertinya memiliki persaingan yang ketat.

Setelah kampanye pertamanya di situs crowdfunding kickstarter mendapatkan cukup banyak antusiasme, Enabot kembali dengan lebih dari sekadar robot pendamping kucing. Versi baru ini berfokus pada konektivitas dengan orang-orang tersayang saat sang pemilik pergi. Bahkan ia juga bisa bertindak sebagai perangkat pengawas rumah sang pemilik.

Robot cerdas ini pun dilengkapi sambungan Wi-Fi, kamera HD 1080p, dan sepasang roda, bola pintar mungil ini siap mengikuti penggunanya kemanapun ia pergi, bahkan bisa naik hampir ke semua jenis permukaan, termasuk permadani dan karpet, dan jika terjatuh, Ebo bisa kembali tanpa masalah, berkat bentuknya.

Robot ini dapat mendeteksi segala macam rintangan di depan dengan menggunakan teknologi ToF yang canggih. Itu bisa berhenti bila perlu, mencegah crash dan jatuh. Ini memiliki perekaman video 24 jam, deteksi gerakan dan penglihatan malam infra-merah, mampu memantau setiap sudut rumah. Perangkat ini bahkan bisa menjadi CCTV berjalan jika ingin difungsikan oleh penggunanya.

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat speaker dan mikrofon, sehingga memungkinkan komunikasi dua arah, memudahkan anggota keluarga untuk berkomunikasi saat mereka jauh dari satu sama lain. Robot ini bahkan dapat mengambil gambar dan video dan menyimpannya di kartu SD internal 16 GB.

Saat daya rendah, EBO akan kembali secara otomatis ke dok pengisi daya, jadi si pemilik tidak perlu khawatir tentang mengisi daya sendiri. Muncul dalam dua varian baru, SE dan Air, tergantung pada pilihan BlackPals yang ingin memilikinya. Label harga untuk pre-order EBO SE adalah $ 99 (sekitar Rp 1,4 juta), sedangkan model Air hampir dua kali lipatnya.

Kampanye kedua Enabot sudah melampaui sasaran awal yaitu $ 9.991 (sekitar Rp 142,8 juta), meningkat jadi $ 174.557 (sekitar Rp 2,4 miliar). Untuk pengiriman kemungkinan bakal dimulai bulan Juli tahun ini. [asl/timBX]

Tags :

#
robot cerdas kamera pengintai,
#
robot cerdas,
#
kamera pengintai,
#
enabot,
#
inovasi teknologi