MENU
icon label
image label
blacklogo

Jellyfishbot, Robot yang Akan Memakan Sampah di Lautan

JUL 09, 2021@18:00 WIB | 155 Views

Sampah laut adalah masalah polusi terus-menerus yang bisa bisa mengotori seluruh lautan. Sementara orang-orang secara aktif melakukan upaya untuk menjaga saluran air setempat tetap bersih, terkadang jika mereka kerepotan, mereka juga membutuhkan sedikit bantuan, yang bisa berupa robot kecil pemakan sampah.

Pencemaran laut biasanya adalah hasil dari logam, plastik, bahan kimia, minyak bumi, serta limbah perkotaan dan industri yang sering dimulai dari sampah di jalan-jalan kota. Air hujan dapat membawa sampah ke saluran air, dan berakhir di sistem saluran pembuangan.

Dari sana, sampah-sampah ini dapat membahayakan spesies lokal dan membahayakan kesehatan masyarakat. Startup Prancis, IADYS, datang dengan solusi yang dapat membantu mencegah polusi air, Mereka menyebutnya Jellyfishbot. Jellyfishbot adalah robot listrik kecil yang mampu mengumpulkan limbah dan minyak dari permukaan air. Robot seberat 18 kg (40 lbs) ini adalah solusi yang efisien dan fleksibel untuk dekontaminasi area yang sulit diakses, seperti pelabuhan, danau, kanal, tetapi juga permukaan air di sekitar pusat rekreasi, hotel, dan lokasi industri.

Robot Ini dapat dikendalikan dari jarak jauh hingga 400 meter (1300 kaki) dan dapat bergerak sendiri selama 6 jam. Didukung dengan 3 pendorong listrik, Jellyfishbot menggunakan beberapa jenis jaring untuk "melahap" sampah. Ia mampu mengumpulkan hingga 80 liter (21 galon) limbah dan minyak terapung per jaring. Robot ini dapat diprogram untuk bergerak secara otomatis menuju area yang ditargetkan dan menghindari rintangan di jalurnya.

Berkat kamera onboard, pengguna akan memiliki akses ke video selama proses misi dekontaminasi perairan. Ketika jaring terisi, operator kemudian dapat memerintahkan robot untuk kembali ke titik awal di mana limbah akan dibuang, dan Jellyfishbot akan siap untuk memulai misi pembersihan yang baru. Robot pemakan sampah yang praktis telah digunakan di beberapa negara di seluruh dunia, termasuk Prancis, Norwegia, dan Swiss, dan, baru-baru ini, Jepang. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
jellyfishbot,
#
robot pemakan sampah,
#
inovasi teknologi