MENU
icon label
image label
blacklogo

Circa Lunar, Aplikasi kalender alternatif untuk Apple dan Android (Part 1)

OCT 16, 2020@17:00 WIB | 134 Views

Didesain sebagai pendamping Circa Solar, Circa Lunar adalah aplikasi kalender lintas platform baru yang menghubungkan kita kembali ke hubungan mitos, fisik, dan mental kuno kita dengan Bulan.

Penampilan dan fase Bulan yang berubah begitu jelas dan tampaknya teratur sehingga tidak mengherankan jika setiap peradaban berpikir untuk menggunakannya untuk tujuan kalender. Pengamatan dan orientasi semacam itu telah memastikan bahwa, sebelum revolusi industri, nenek moyang kita memiliki hubungan siklis dengan berlalunya waktu.

Bulan selalu terkait erat dengan budaya manusia. Kami telah mengamati bahwa fase perubahannya masuk akal selama ribuan tahun. Saat ini kemajuan teknologi telah meningkatkan hubungan kita dengan tetangga selestial terdekat kita (sedemikian rupa sehingga kita telah berdiri di atas permukaannya dan memetakan setiap celahnya), tetapi kemajuan teknologi linier kini telah secara drastis mengurangi signifikansi bulan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Circa Lunar memungkinkan kita untuk sekali lagi menyesuaikan diri dengan bulan. Di mana sekarang kita terkurung di rumah dengan penerangan artifisial dan diatur oleh kalender dan jam yang terpusat, kita sering merasa hubungan kita dengan Bulan menjadi jauh secara emosional seperti jarak fisik.

Penampilan dan fase Bulan yang berubah begitu jelas dan tampaknya teratur sehingga tidak mengherankan jika setiap peradaban berpikir untuk menggunakannya untuk tujuan kalender. Pengamatan dan orientasi semacam itu telah memastikan bahwa, sebelum revolusi industri, nenek moyang kita memiliki hubungan siklis dengan berlalunya waktu.

Circa Lunar memunculkan kembali kecenderungan alami manusia berusia ribuan tahun untuk melacak pola yang dapat diamati di lingkungan terdekat kita, dan untuk semakin memahami pola tersebut. Membebaskan diri dari tirani kalender empiris yang memungkinkan untuk mendekolonisasi waktu itu sendiri, grid 12 bulan modern yang tidak menentu dikembalikan ke 13 siklus Bulan dengan panjang yang sama, atribut hari adalah fase Bulan relatif yang kian bertambah dan berkurang daripada minggu kerja dan sabat. Waktu kembali ke pengukuran puisi pencahayaan, bukan sekadar penghitungan berhitung.

Fitur dan Fungsi

Durasi Acara Bulan Utama

Peristiwa penting dalam fase Bulan memiliki arti penting dalam transisi dari hari ke hari, bulan ke bulan, dan tahun ke tahun. Circa Lunar menyoroti hari-hari yang tersisa hingga Bulan Baru dan Bulan Purnama berikutnya sebagai dua peristiwa bulan utama.

Status Syzygy Matahari / Bulan / Bumi

Circa Lunar memberikan status harian pengaruh Bulan pada pasang surut laut melalui syzygy Matahari, Bulan, dan Bumi. Secara astronomi, Bulan selalu dianggap matriarkal dan berkuasa atas siklus alam yang berkaitan dengan air, termasuk pasang surut air laut, kehamilan, dan menstruasi. Karena otak adalah salah satu bagian paling lembab dari tubuh manusia, Bulan selalu diyakini sangat memengaruhi pikiran kita - karenanya gagasan bahwa kegilaan adalah 'kegilaan' dan jatuh cinta berarti 'terbunuh'.

Iluminasi Bulan menurut Persentase

Pencahayaan Bulan sangat bervariasi, siklus bulan tahunan memberi kita segalanya mulai dari Super Moon, Blood Moon, Harvest Moon, hingga Gerhana Bulan penuh. Mungkin pengaruh ritme bulan telah melemah atau menghilang dalam masyarakat modern hanya karena kita tidak lagi secara langsung terpapar pada perubahan cahaya bulan yang halus. Gaya hidup kita yang diterangi secara artifisial mungkin telah memisahkan kita dari tetangga selestial terdekat kita, tetapi itu tidak berarti bahwa hubungan ini tidak dapat dipasangkan kembali.

Cerita rakyat berabad-abad membuktikan hubungan antara bulan dan aktivitas manusia. Bulan melambangkan mimpi, misteri, intuisi, dan alam bawah sadar yang tidak diketahui. Sebagai simbol feminin dia mengundang kita untuk terhubung dengan yang ilahi di luar materi, dan untuk belajar dari kodrat siklus abadi dari waxing dan waning.

Pengaruh cahaya dan gravitasi Bulan yang bekerja melalui siklus teratur secara konsisten memiliki pengaruh yang kuat pada bagaimana manusia menjalani hidup mereka, baik melalui pengaturan waktu, sebagai bantuan navigasi, sinyal pertanian, atau sarana untuk meramalkan masa depan. mungkin tahan.

Selestial sebelum terestrial

Peta buatan manusia pertama yang diketahui bukanlah tanah tempat kami tinggal, tetapi tentang langit malam di atas kami seperti yang terlihat pada lukisan gua Lascaux. Oleh karena itu kami adalah spesies yang sangat berorientasi pada langit jauh sebelum kami menjadi sangat berorientasi pada terestrial.

Keinginan kita untuk membatasi, memberi hak, dan memberi diri kita hak atas tanah di bawah kaki kita pada awalnya jauh lebih penting bagi nenek moyang kita daripada keinginan untuk memetakan dan menarasikan kosmos tempat kita berada. Dalam banyak hal, pandangan dunia manusia modern kini telah secara drastis menyusut dari kepentingan kosmologis dan abadi, menjadi kepentingan yang sepenuhnya bersifat lokal dan langsung.

Ahli kronobiologi cenderung berfokus pada ritme harian, namun keyakinan bahwa bulan memiliki kekuatan yang sangat besar atas kehidupan di Bumi ada dalam masyarakat tradisional di seluruh planet ini. Sedangkan matahari selalu terlihat sama, bulan membesar dan menyusut dalam siklus kelahiran, pertumbuhan, dan kelahiran kembali yang tiada henti.

Meskipun fase bulan mungkin tampak tidak relevan bagi kita sekarang, bagi manusia purba, siklus bulanan antara malam gelap dan terang akan mendorong peluang untuk segala hal mulai dari tidur hingga berburu hingga seks.

Dalam survei berpengaruh terhadap mitos dan agama dunia, sejarawan Mircea Eliade berpendapat bahwa fase bulan memungkinkan manusia paling awal untuk mengukur perjalanan waktu jauh sebelum mereka mulai melacak pergerakan musiman matahari yang lebih halus.

Seni seperti kalender Lunar Paleolitik sangat mengisyaratkan bahwa sejauh era Paleolitik orang melihat hubungan antara bulan dan siklus menstruasi manusia yang rata-rata siklus 28 hari yang sama (kata menstruasi berasal dari menes Yunani, yang berarti bulan). Beberapa ahli berpendapat bahwa kemungkinan besar wanita, yang menghitung siklus mereka dari bulan ke bulan, yang pertama kali menghitung perjalanan waktu. [eli/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
circa lunar,
#
aplikasi kalender alternatif,
#
circa solar,
#
inovasi teknologi