MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Perawatan Mobil Yang Dapat Membantu Menjaga Kendaraan dalam Kondisi yang Baik (Part 2)

SEP 17, 2021@19:30 WIB | 344 Views

Menjaga mobil dalam kondisi yang baik bukan suatu hal yang rumit dan juga sulit, Anda hanya perlu tekun menjalakannya.

Perawatan mobil adalah suatu hal yang harus terus Anda lakukan terus-menerus, tentu Anda tidak ingin jika mengendarai kendaraan mobil Anda dalam keadaan yang kurang baik. Karena keselamatan Anda dan juga penumpang adalah prioritas Anda. Dalam artikel sebelumnya telah disebutkan 6 tips perawatan mobil yang harus selalu Anda cek secara berkala.

Berikut adalah lanjutan tips perawatan mobil untuk membantu Anda menjaga kondisi kendaraan.

7. Pemeriksaan Reguler

Beberapa tugas perawatan mobil rutin dapat dilakukan di rumah, tetapi yang lain memerlukan teknisi terlatih. Bawa mobil Anda ke teknisi jika lampu check engine menyala. Teknisi terlatih dapat mendiagnosis masalah melalui port diagnostik on-board (OBD-II) mobil.

Bengkel yang memenuhi syarat juga akan dapat memeriksa dan mengganti komponen inti lainnya seperti alternator dan bantalan roda. Menjadwalkan tune-up secara teratur akan membantu memastikan bahwa mobil Anda juga mendapatkan perbaikan item perawatan lainnya.

Baca juga: Tips Perawatan Mobil Yang Dapat Membantu Menjaga Kendaraan dalam Kondisi yang Baik (Part 1)

8. Periksa Rem Anda

Kampas rem mobil Anda juga memerlukan pemeriksaan rutin. Saat mengemudi, dengarkan suara rem dan perhatikan getaran atau getaran dari pedal rem. Jika ada masalah, hubungi pusat layanan sesegera mungkin. Jangan sampai Anda melupakan hal penting ini, karena jika lupa tentu Anda tidak ingin terjadi hal bahaya yang mengancam keselamatan Anda kedepannya.

9. Cuci Mobil Anda

Mobil Anda terkena segala macam elemen, dari garam jalanan dan pencairan es di musim dingin hingga getah pohon dan kotoran burung di musim panas. Beberapa dari bahaya ini tidak hanya tidak sedap dipandang tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada cat dan bagian bawah, menurut AccuWeather. Menjaga mobil Anda tetap bersih dapat membantu mencegah kerusakan jangka panjang. Temukan metode mencuci mobil yang cocok untuk Anda dan cuci mobil Anda secara teratur.

Baca juga: Beginilah Cara Kerja Gearbox Manual

10. Periksa Belt dan Selang

Menjaga sabuk dan selang mobil Anda dalam kondisi yang baik dapat membantu menjaga mobil Anda tetap berjalan dan dapat membantu Anda menghindari kerusakan di jalan. Misalnya, jika sabuk serpentine Anda putus saat Anda mengemudi, itu dapat menyebabkan banyak sistem mobil Anda gagal. Memeriksa sabuk dan selang Anda pada setiap penggantian oli akan membantu memastikan bahwa semuanya dalam kondisi baik dan tidak perlu diganti.

11. Tinjauan Asuransi Mobil Anda

Sama seperti pemeriksaan mobil biasa, ada baiknya untuk meninjau polis asuransi mobil Anda dari waktu ke waktu. Ini dapat membantu memastikan pertanggungan, batasan, dan pengurangan polis Anda mutakhir dan sesuai dengan situasi Anda saat ini.

Menjaga mobil Anda dalam kondisi yang baik dapat membantu Anda dan penumpang Anda tetap aman. Dan ingat, jika Anda tidak yakin tentang cara memeriksa atau mengganti suku cadang mobil, pastikan untuk menghubungi mekanik setempat untuk meminta bantuan.[shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips,
#
tips perawatan mobil,
#
perawatan mobil,
#
menjaga kendaraan dalam kondisi yang baik