MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Perawatan Mobil Yang Dapat Membantu Menjaga Kendaraan dalam Kondisi yang Baik (Part 1)

SEP 16, 2021@19:30 WIB | 354 Views

Merawat mobil Anda dengan benar adalah kunci untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima.

Ini juga dapat membantu memastikan keselamatan Anda, keselamatan penumpang Anda dan sesama pengemudi. Berikut adalah beberapa cara untuk membantu menjaga mobil Anda berjalan lancar. Tentu Anda ingin semuanya dalam kondisi yang hingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan apapun.

Daftar periksa perawatan mobil di bawah ini bisa jadi tips berguna untuk Anda. Pertimbangkan untuk menambahkan item ini ke daftar "yang harus dilakukan" perawatan kendaraan Anda.

1. Periksa dan Perawatan Ban

Mengetahui cara menjaga tekanan ban mobil Anda dapat membantu mengurangi Kekurangan angin pada ban dan membantu memastikan Anda mendapatkan jarak tempuh yang baik. Memeriksa tekanan ban Anda termasuk menemukan tekanan yang disarankan, memeriksa PSI dan menggembungkan atau mengempiskan ban Anda sesuai dengan itu.

Ban kempes merupakan bahaya yang dapat membahayakan Anda dan mobil Anda. Ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda ambil untuk membantu menghindari ledakan, termasuk memutar ban Anda setiap 5.000 hingga 10.000 mil dan mengawasi penarikan ban.

Baca juga: Beginilah Cara Kerja Gearbox Manual

2. Ganti Minyak

Memeriksa dan mengganti oli mobil Anda secara rutin sangat penting untuk menjaga kondisi mesin tetap berjalan. Periksa oli Anda setiap bulan dan ganti seperti yang diarahkan dalam manual pemilik mobil.

Anda dapat mengganti oli sendiri atau membawanya ke pusat layanan. Jika Anda memilih untuk melakukannya sendiri, pelajari langkah-langkah yang diperlukan untuk mengalirkan cairan, mengatur level oli yang benar, dan membuang oli lama.

Anda juga harus mengetahui jenis oli motor mana yang terbaik untuk mobil Anda, terlepas dari apakah Anda mengganti oli sendiri atau membawanya ke pusat servis. Ini biasanya berarti mempertimbangkan tiga hal, viskositas oli, apakah akan menggunakan oli sintetis atau non-sintetik dan jarak tempuh mobil Anda.

3. Periksa Cairan

Ada beberapa cairan yang harus dijaga pada tingkat yang sesuai untuk membantu menjaga mobil Anda berjalan dengan baik. Menurut Popular Mechanics, Anda atau mekanik Anda harus memeriksa:

- Oli mesin

- Pendingin

- Cairan power steering

- Minyak rem

- Cairan transmisi

Kebocoran cairan ini dapat memengaruhi cara mengemudi mobil Anda. Jika Anda melihat kebocoran, Anda mungkin dapat mengidentifikasi cairan dengan warnanya. Ini dapat membantu Anda dan mekanik Anda menentukan dari mana kebocoran itu berasal. Ini juga dapat membantu mempercepat proses perbaikan.

Baca juga: Tips Mempertahankan Resale Value Mobil Anda

4. Mengecek Lampu

Bohlam yang rusak atau terbakar adalah bahaya keamanan dan mungkin membuat Anda terkena tilang. Pelajari cara memeriksa setiap bohlam di mobil Anda secara menyeluruh. Jika bohlam padam, bawa mobil Anda ke ahlinya untuk menentukan apakah bohlam atau sekringnya yang perlu diganti.

Lampu depan adalah lampu keselamatan utama pada mobil Anda. Pertimbangkan untuk mengambil beberapa langkah ekstra untuk membantu membuatnya tetap bersinar, seperti membersihkan lensa dan mengganti bohlam saat mulai redup.

5. Mengganti Wiper Kaca Depan

Jika wiper Anda tidak berfungsi seperti dulu, jangan biarkan masalah berlarut-larut. Pisau yang rusak atau kering dapat mengurangi jarak pandang selama hujan lebat atau badai salju. Mengetahui cara memeriksa bilah penghapus secara teratur dan menggantinya bila perlu adalah salah satu cara untuk membantu menjaga mobil Anda tetap aman.

Baca juga: 9 Tips Ringan Merawat Mobil Saat PPKM Darurat

6. Ganti Filter Udara Mesin Anda

Filter udara mesin yang kotor dapat memungkinkan kotoran dan partikulat lainnya masuk ke mesin mobil Anda dan mengurangi efisiensinya. Periksa filter udara mobil Anda setahun sekali dan ganti sesuai kebutuhan.[shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips,
#
tips perawatan mobil,
#
perawatan mobil,
#
menjaga kendaraan dalam kondisi yang baik