MENU
icon label
image label
blacklogo

Beginilah Cara Kerja Gearbox Manual

AUG 08, 2021@11:00 WIB | 377 Views

Gearbox adalah suatu komponen pemindah tenaga pada mesin mobil. Fungsi gearbox mobil sendiri adalah untuk mendistribusikan tenaga mesin ke komponen mesin lain. Dengan begitu, keseluruhan mesin pun dapat bekerja dan mobil bisa dioperasikan. Lantas bagaimanakah cara kerja gearbox manual? Pada prinsipnya, mesin pembakaran internal berjalan pada kecepatan tinggi, sehingga pengurangan persneling diperlukan untuk mentransmisikan daya ke roda penggerak yang berputar jauh lebih lambat.

Gearbox menyediakan pilihan roda gigi untuk kondisi berkendara yang berbeda, start berdiri, mendaki bukit, atau melaju di permukaan datar. Semakin rendah gigi, maka semakin lambat putaran roda jalan dalam kaitannya dengan kecepatan mesin.

Desain yang paling populer adalah gearbox jaring konstan. Ini memiliki tiga poros: input shaft, layshaft dan mainshaft, yang berjalan di bantalan di casing gearbox. Ini adalah tahap kedua dalam sistem transmisi, setelah kopling. Biasanya dibaut ke bagian belakang mesin, dengan kopling di antaranya. Mobil modern dengan transmisi manual memiliki empat atau lima kecepatan maju dan satu mundur, serta posisi netral.

Mesin menggerakkan poros input, yang menggerakkan layshaft. Layshaft memutar roda gigi pada poros utama, tetapi roda gigi ini berputar bebas sampai terkunci melalui perangkat syncromesh, yang disambungkan ke poros.

Pada beberapa mobil, gigi tambahan yang disebut overdrive, dipasang. Ini lebih tinggi dari gigi atas sehingga memberikan pengendaraan yang ekonomis pada kecepatan jelajah. Roda gigi dipilih oleh sistem batang dan tuas yang dioperasikan oleh tuas persneling. Drive ditransmisikan melalui input shaft ke layshaft dan kemudian ke mainshaft.

Cara Kerja Gearbox dapat dideskripsikan sebagai berikut:

- Netral

Semua roda gigi kecuali yang diperlukan untuk mundur secara konstan dalam jaring. Roda gigi pada poros keluaran berputar bebas di sekitarnya, sedangkan roda gigi pada poros keluaran tetap. Tidak ada drive yang ditransmisikan.

- Gigi Pertama

Pada gigi pertama, gigi terkecil pada poros tengah terkunci padanya, melewati gigi terbesar pada poros utama, memberikan torsi tinggi dan kecepatan rendah untuk start berdiri.

- Gigi Kedua

Pada gigi kedua, perbedaan diameter roda gigi pada kedua poros berkurang, menghasilkan peningkatan kecepatan jalan dan peningkatan torsi yang lebih rendah. Rasio ini ideal untuk mendaki bukit yang sangat curam.

- Gigi Keempat

Pada gigi keempat, poros input dan poros utama dikunci bersama-sama, memberikan 'penggerak langsung' yakni satu putaran poros baling-baling untuk setiap putaran poros engkol. Di sini tidak ada peningkatan torsi.

- Mundur

Untuk mundur, roda gigi idler ditempatkan di antara roda gigi pada dua poros, menyebabkan poros utama berbalik arah. Gigi mundur biasanya tidak sinkron.

Dalam waktu yang diperlukan untuk menemukan dirinya sendiri, kecepatan poros telah disinkronkan, sehingga pengemudi tidak dapat membuat gigi berbenturan, dan synchromesh bisa dikatakan tak terkalahkan.[yub/shf/timBX]

Tags :

#
gearbox,
#
gearbox manual,
#
cara kerja gearbox manual

RELATED ARTICLE