MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Mudah Agar Ban Tetap Tahan Lama

FEB 12, 2018@17:00 WIB | 1,337 Views

Ban merupakan salah satu part dari mobil yang secara langsung lebih sering bergesekan dengan aspal jalanan. Oleh karena itu, perawatannya juga harus sangat diperhatikan. Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka ketahanan ban yang Anda miliki akan lebih lama.

Untuk Black Pals yang ingin mendapatkan ban yang tahan lama, ikuti tips simple berikut ini:

Pastikan tekanan angin

Tekanan angin di dalam ban sangat berpengaruh pada ketahanan ban itu sendiri. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu memompa ban hingga tekanan mencapai batas yang direkomendasikan. Ban dengan tekanan yang terlalu rendah bisa membahayakan. Hal ini karena permukaan ban akan lebih mudah menyentuh jalan, terlebih jika kita berkendara di siang dengan matahari yang terik.

Sementara itu, tekanan yang berlebih pada ban juga tidak disarankan. Hal ini karena permukaan ban yang akan semakin kecil menyentuh jalanan membuat ban akan menjadi licin. Jika jalanan sedang basah akibat diguyur hujan, tentu hal ini dapat membahayakan keselamatan Anda.

Rotasi penggunaan ban

Tukarlah posisi ban secara berkala. Mengapa? Karena percaya atau tidak ban yang terletak di depan akan lebih sering terkena gesekan dari rem dan gerakan mobil saat berbelok. Sementara ban yang posisinya di belakang akan lebih minim gesekan.

Tukar posisi ban antara bagian depan diubah ke bagian belakang setiap jarak tempuh 5.000 Km. Jika Anda rutin melakukan hal ini, maka dijamin ban Anda akan semakin tahan lama. [clo/timBX]

Tags :

#
auto tips,
#
ban,
#
ban mobil