MENU
icon label
image label
blacklogo

Ban Mobil Botak Sebelah? Kenali 3 Hal Ini Jadi Biang Keroknya

JAN 03, 2023@17:05 WIB | 248 Views

Ban, bagian satu ini jadi salah satu sektor paling fital alias penting untuk sebuah kendaraan salah satunya mobil. Jadi bagian yang langsung bersentuhan dengan aspal, kondisi ban harus dan wajib selalu diperhatikan.

Ban dengan kondisi sudah haus alias botak sangat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Salah satu kerusakan ban yang sering terjadi yaitu ban habis tidak rata alias botak setengah. Hal tersebut paling sering terjadi pada kedua ban depan sob. 

Buat lo yang penasaran apa sih penyebabnya ban mobil botak setengah, ini dia tiga penyebab yang jadi biang keroknya.

1. Sudut kemiringan ban tidak rata

Hal ini biasanya sering terjadi pada kedua roda depan, bukan tanpa sebab kerusakan ini terjadi akibat mobil jarang melakukan spooring dan balancing. Ada dua faktor utamanya yaitu sudut Toe dan Chamber. Sudut toe merupakan sudut kemiringan roda yang dilihat dari garis horisontal, ada dua jenis toe yaitu toe in dan toe out.

- Toe-in adalah kondisi ban bagian depan seperti menguncup ke dalam. Sebaliknya toe-out adalah dimana sudut roda bagian depan (bila dilihat dari atas mobil) seakan membuka. Coba kalian lihat, apakah roda mobil kalian terlihat membuka atau menutup kedalam, jika ada salah satunya mungkin itu jadi penyebabnya.

-Chamber, hal ini jarang sekali terjadi pada mobil dalam kondisi standart pabrikan. Namun pada beberapa mobil modifikasi atau yang sudah mengalami ubahan, hal ini dapat terjadi dengan ban yang berdiri tidak lurus.

Sama seperti toe, chamber ada dua jenis yaitu chamber positif (ban seakan keluar dari fender) dan chamber negatif (ban seakan masuk kedalam fender).

Jika kalian mengalami kedua hal tersebut, yuk segera datangi bengkel yang dapat melayani spooring dan balancing kaki-kaki mobil kesayangan.

2. Suspensi yang sudah mulai lemah atau rusak

Jangan dianggap sepele, suspensi mobil yang sudah lemah atau rusak pun bisa bikin ban habis tidak rata loh sob. Misal saja salah satu sokbreker mobilmu mati atau sudah bocor, secara tak sadar mobil pun menjadi miring beberapa derajat condong ke arah sisi bagian yang sokbrekernya bocor. 


Jika mobilmu sudah miring, otomatis terjadi tekanan yang lebih kepada sisi yang sokbrekernya lemah dan menjadi tumpuan keras. Hal tersebut membuat ban bekerja lebih keras dan lebih menempel keaspal dengan tekanan tinggi.

3. Jarang mengecek tekanan angin ban

Sering dianggap sepele, tekanan angin ban bisa jadi penyebab tapak ban habis tidak rata. Misal saja ada salah satu ban yang mengalami kempes atau bertekanan rendah, sama seperti sokbreker bocor maka sisi tersebut akan mengalami sedikit lebih miring dan tekanan tumpuan ban yang berlebih.

Nah seiring seringnya kamu pakai mobil dengan tekanan angin ban rendah, otomatis ban mobilmu yang kempes ini akan mengalami tapak haus yang tidak rata.

So..sekarang sudah tau dong ya 3 biang kerok yang bikin tapak ban habis sebelah alias botak tidak rata. Yuk buruan cek kondisi ban mobil kalian, [Aziz/timBX].

Tags :

#
ban,
#
ban mobil,
#
ban mobil botak sebelah,
#
chamber,
#
toe,
#
spooring,
#
balancing,
#
suspensi,
#
mobil,
#
tips