MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Mengurangi Resiko Berkendara Saat Hujan Deras

NOV 07, 2021@19:30 WIB | 130 Views

Musim hujan telah tiba. Dalam situasi seperti ini, perlu sekali untuk berhati-hati saat berkendara.

Bukan hanya akan menyebabkan kemacetan di jalan, tapi hujan membuat jalanan terasa lebih licin karena banyak air menggenang. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa diikuti agar aman berkendara saat hujan.

1. Menunggu Hujan Reda

Baik pengendara berpengalaman atau tidak, mengemudi dalam keadaan hujan akan selalu berbahaya. Banyak sekali kendaraan yang selip di jalan basah. Jika memang tidak terburu-buru untuk bepergian akan lebih baik jika menunggu sampai hujan reda.

2. Periksa Kondisi Mobil

Sebelum pergi, periksalah kondisi kendaraan dan pastikan semua dalam keadaan baik. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kondisi ban. Pastikan ban kendaraan cukup baik untuk melewati jalan licin. Setelah itu periksa komponen lain, seperti lampu depan, wiper, kaca depan, lampu belakang, lampu kabut, lampu indikator, AC dan klakson.

3. Mengemudi Pelan

Kurangi kecepatan saat berkendara di hujan deras. Ini membantu menjaga pengemudi tetap aman dan menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan. Mengemudilah di bawah batas kecepatan sehingga akan memberikan waktu yang lebih banyak untuk bereaksi terhadap sesuatu hal yang tidak terduga di perjalanan.

Baca juga: 6 Tips Untuk Pengendara Motor Baru

4. Menyalakan Lampu Depan

Berkendara saat hujan deras seringkali sulit untuk melihat sesuatu di depan akibat kabut. Dalam kasus seperti ini penting untuk menyalakan lampu depan akan penglihatan lebih baik dan menjaga diri tetap aman. Mobil-mobil terbaru hadir dengan lampu depan LED yang kuat dan lampu kabut yang menerangi area depan mobil lebih luas.

5. Gunakan Wiper

Agar semakin penglihatan lebih jelas, jangan lupa untuk menyalakan wiper kaca depan. Ini membuat berkendara saat hujan lebih mudah dan aman karena mampu menghilangkan kelembaban berlebih dari kaca sehingga pengemudi tetap memiliki visibilitas yang sempurna.

6. Menjaga Jarak

Pengemudi harus menjaga jarak kendaraan dengan yang ada di depan. Jalan yang basah atau licin dapat membuat ban selip. Jika hal ini terjadi pada mobil di depan, dengan adanya jarak Anda memiliki waktu untuk berhenti dengan aman. Setidaknya berikan jarak dua mobil dengan Anda.

7. Tekan Rem Perlahan

Cukup berbahaya untuk melakukan gerakan tiba-tiba dari mobil yang sedang melaju di jalan basah karena waktu reaksi kendaraan berkurang. Jika ingin memperlambat dan berhenti, disarankan untuk melepaskan kaki dari pedal gas dan menekan rem dengan lembut. Karena jika Anda menekan rem kemungkinan besar mobil akan selip dan kehilangan kendali.

8. Hindari Hydroplaning

Kasus ini sering terjadi saat mobil melaju ke genangan air dengan kecepatan tinggi. Jika memang mobil Anda mengalami hydroplaning, tetaplah berusaha tenang supaya tidak kehilangan kendali mobil. Selanjutnya, lepaskan kaki dari pedal akselerator. Ini akan membantu memperlambat mobil. Lalu arahkan mobil ke arah roda keluar dari hydroplaning dan bereaksi terhadap tindakan Anda. jangan sekali-kali menginjak rem atau berbelok tajam.

Baca juga: 3 Tips Sederhana Merawat Mobil Saat Musim Hujan

9. Matikan AC

Hal lain yang sering terjadi saat hujan adalah berkabut. Mobil biasanya berkabut karena suhu luar tidak sesuai dengan bagian dalam kendaraan. Supaya jendela tidak berembun, Anda bisa menyalakan AC dan mengaturnya sesuai dengan suhu di luar. Jika hal ini tidak berhasil, bisa membuka satu-dua jendela untuk memberikan ventilasi.

Inilah kesembilan tips berkendara saat hujan. Dengan mengikuti tips ini akan mengurangi resiko kecelakaan dan aman dalam perjalanan.[geo/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
berkendara saat hujan deras,
#
tips berkendara saat hujan deras,
#
tips mengurangi resiko

RELATED ARTICLE