MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Tips Sederhana Merawat Mobil Saat Musim Hujan

NOV 06, 2021@19:30 WIB | 168 Views

Mungkin Anda termasuk penyuka cuaca dingin dan basah, namun ini bukanlah kabar baik bagi kendaraan Anda.

Ketika memasuki musim hujan, kendaraan memerlukan perhatian ekstra, mulai dari ban hingga wiper kaca depan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa semua komponen mobil Anda berfungsi dengan baik.

Di samping pengecekan menyeluruh untuk keadaan mesin, Anda dapat melakukan perawatan sederhana di rumah. Itu mencakup 2W, yakni wash (mencuci), wheel (roda) dan wiper. Berikut deskripsi singkat perawatan mobil di musim hujan yang dapat Anda tiru.

Baca juga: Tips Perawatan Mobil Yang Dapat Membantu Menjaga Kendaraan dalam Kondisi yang Baik (Part 1)

1. Mencuci Mobil

Meskipun Anda sering berpikir bahwa hujan artinya mendapatkan cuci mobil gratis, ini tak sepenuhnya benar. Pasalnya, air hujan bersifat asam sehingga ketika mengering menyisakan endapan di mobil. Seiring waktu, hal ini dapat merusak cak serta bagian-bagiannya, yang bisa berujung karat. Oleh karena itu, jangan mengabaikan jadwal mencuci mobil dan pastikan memberi mobil lilin yang bagus sebagai lapisan pelindung.

Untuk perawatan mobil tambahan selama musim hujan, pertimbangan untuk memeriksa dan mencuci bagian bawah mobil. Kotoran dan air yang terkumpul dari genangan air dapat mengurangi efektivitas rem Anda.

2. Perhatikan Roda

Ketika musim hujan tiba, jangan mengabaikan keadaan roda. Alur tapak ban hakikatnya dirancang untuk mencengkeram jalan dengan kuat, yang sangat penting ketika melintasi genangan air. Ketika Anda melaju kencang dan melewati genangan yang cukup dalam, maka itu mengakibatkan hydroplaning yang membuat Anda kehilangan kendali atas kendaraan. Jadi pastikan tapak ban tidak terlalu aus di musim hujan.

Selain memeriksa tingkat keausan, Anda juga perlu membersihkan ban dari kotoran yang mengendap di sela-sela tapak ban. Coba bayangkan jika alur ban terisi penuh dengan lumpur dan pasir. Hal ini sama saja berkendara dengan ban yang aus.

Baca juga: Beginilah Cara Kerja Gearbox Manual

3. Mengecek Wiper

Ini mungkin tips yang paling jelas namun tak jarang diabaikan. Ketika musim hujan tiba, sebaiknya proaktif mengecek wiper kaca mobil Anda. Idealnya, penggantian wiper dilakukan sekali setahun dan cairan wiper diisi. Pastikan kaca tetap bersih dan wiper bekerja dengan baik, sehingga meningkatkan visibilitas Anda ketika hujan.

Apabila Anda memerlukan bantuan untuk mengecek dan melakukan perawatan sendiri, jangan segan membawa kendaraan ke ahlinya. Penanganan yang tepat akan sangat membantu Anda, untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan berkendara meski di musim hujan.[yub/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips,
#
tips sederhana,
#
merawat mobil saat musim hujan,
#
3 tips sederhana merawat mobil saat musim hujan