MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Mengenal Varian Velg Mobil dan Plus Minusnya

JAN 25, 2017@10:00 WIB | 6,486 Views

Banyak cara untuk meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih bergaya. Salah satu cara mengganti velg mobil dari  ukuran standarnya ke dua inci lebih besar.  Ada dua tipikal velg yang beredar di pasar, pertama velg elegant, kedua sporty. Bagaimana cara membedakan velg elegant dan sporty.

Velg elegant cenderung datar permukaannya antara lips (bibir) velg dengan center bore (bagian tengah velg).  Sedangkan velg sporty posisi center bore lebih ke dalam  (celong) dari titik lips velg atau biasa disebut dengan concave.  Bagi anda pengguna velg concave bisa menggunakan velg depan dengan lebar 7,5 inci dan velg belakang 8,5 inci. Atau dengan lebar lebih besar, velg depan 8 inci dan velg belakang 9 inci.

Setelah mengetahui tipe velg, ada beberapa teknik pemasangan. Bagian anda yang menyukai tipe tampilan racing, ada beberapa tipe pemasangan antara lain hella flush dan hella fail. Hella flush lebih dikenal dengan chamber, kemiringan ban sekitar 30 derajat. Sendangkan untuk hella fail kemiringan mencapai 45 derajat.  Pertanyaan dasarnya, apakah itu itu sekedar gaya atau memberikan fungsi lain?

Velg dengan posisi hella flush cukup disukai pecinta drift. Namun untuk hella fail tidak digunakan untuk balapan, karena kurang nyaman. Mobil dengan velg hella flush membantu para pengemudi drift agar mampu memperkirakan posisi mobil lebih tepat, agar tidak terlalu liar dan tetap pada track  atau race line yang dikehendaki.

Bagi pengguna velg concave terdiri hella flush atau hella fail perlu memperhatikan hal-hal tertentu. Saat memarkir kendaraan, Anda harus menambah jarak parkir dari yang biasanya dibanding saat menggunakan velg biasa, itu berguna untuk menghindari gesekan. Kedua, coba diperhatikan saat hujan tiba, posisi velg tentunya akan mengakibatkan percikan air hujan ke tubuh mobil anda lebih banyak.

Sedangkan untuk pengguna velg elegant,  biasanya cenderung mengambil konsep nyaman dan eye catching. Seperti contoh dari velg standar ring 15 inci di-upgrade ke 17 ini. Anda bisa memilih spek yang sama depan lebar  8 inci dan belakang 8 inci. Tinggal faktor pilihan ban, pilih yang agak tebal namun dengan tetap menjaga jarak dari arc wheel.[Ahs/TimBx]

Tags :

#
velg mobil,
#
tips pilih velg mobil,
#
velg,
#
auto tips,
#
blacktips,
#
hellaflush,
#
velg hellaflush