MENU
icon label
image label
blacklogo

Tata Cara Penggunaan dan Perawatan yang Benar Pelindung Helm Sepeda Motor

OCT 14, 2021@19:30 WIB | 93 Views

Seperti kacamata yang bagus, pelindung helm sepeda motor sangat penting untuk memaksimalkan penglihatan Anda di jalan, dan ini juga merupakan fitur keselamatan yang penting.

Alasan nomor satu untuk memiliki pelindung di helm Anda adalah untuk perlindungan mata. Perisai dirancang untuk melindungi Anda dari batu-batu, dan hal-hal lain dari jalan yang dapat merusak mata Anda. Kacamata hitam saja tidak cukup untuk melindungi mata Anda.

Penting juga untuk memiliki pelindung yang tepat untuk kondisi jalan saat ini, dan menjaganya tetap bersih. Inilah yang bisa Anda lakukan untuk helm Anda.

1. Memiliki Tints Berbeda

Sebaiknya memiliki lebih dari satu pelindung untuk helm Anda, karena cahaya dapat berubah sesuai kondisi cuaca. Ketika itu terjadi, Anda dapat dengan aman menepi dan menukar perisai Anda, yang biasanya hanya membutuhkan beberapa menit dan tidak memerlukan alat.

Warna abu-abu yang lebih gelap mungkin paling baik untuk berkendara melalui lanskap yang cerah, sedangkan warna abu-abu yang lebih terang mungkin paling cocok saat berkendara di tempat yang sinar mataharinya tidak merata. Perisai dengan warna bening bagus untuk hari hujan atau mendung.

Anda juga dapat menemukan pelindung fotokromatik, yang menjadi gelap saat cahaya menjadi terang (seperti kacamata hitam), yang berarti Anda mungkin hanya membutuhkan satu. Namun, ini lebih mahal. Lebih mahal lagi adalah pelindung LCD, yang langsung berubah warna dengan sekali klik. Namun, beberapa di antaranya mungkin tidak sepenuhnya bersih, jadi hanya disarankan untuk perjalanan siang hari, Anda masih memerlukan pelindung yang jelas jika Anda keluar di malam hari.

Baca juga: Tips Perawatan Mobil Yang Dapat Membantu Menjaga Kendaraan dalam Kondisi yang Baik (Part 1)

2. Belanja Untuk Pelindung Helm

Pilihan terbaik adalah membeli pelindung yang dibuat untuk helm khusus Anda dari pembuat helm, jadi Anda tahu itu akan pas dan berkualitas tinggi. Hubungi pengecer helm, yang akan memiliki pelindung pengganti dari pembuat helm, atau pesan secara online dari dealer terkemuka atau langsung dari pabrikan.

3. Rutin Bersihkan Helm Anda

Pelindung terbuat dari polikarbonat yang tahan lama, tetapi perlu dibersihkan dengan hati-hati dan sering. Setiap kali Anda berkendara, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan cipratan serangga dan kotoran jalan di perisai Anda. Mungkin tergoda untuk mengikis kotoran yang tidak diinginkan dengan sarung tangan Anda, tetapi itu bisa meninggalkan goresan. Untungnya, cara terbaik untuk membersihkan perisai Anda juga yang paling mudah. Basahi kain mikrofiber dengan air biasa dan letakkan di atas pelindung Anda selama lima menit, serangga dan kotoran akan terangkat dengan sendirinya.

Kemudian bersihkan dengan lembut. Untuk bagian yang membandel, tambahkan sabun lembut ke dalam air, seperti yang Anda gunakan untuk tangan Anda (bukan sabun cuci piring, itu terlalu keras). Ulangi setelah setiap perjalanan. Jika Anda merawat perisai Anda, itu harus bertahan seumur hidup helm Anda.

Tips: Simpan dua kain mikrofiber saat Anda berkendara. Simpan yang kering di kantong plastik zip-top dan yang basah di kantong lain. Dengan begitu, Anda dapat membersihkan kutu sesuai kebutuhan, sebelum sempat mengering dan mengeras.

Baca juga: 6 Tips Untuk Pengendara Motor Baru

4. Gunakan Fog-Free

Beberapa pelindung memiliki lapisan anti-kabut di bagian dalam, sementara yang lain dilengkapi dengan sisipan tipis yang menjaga pelindung tetap bersih. Keduanya membutuhkan perawatan yang sangat lembut: Gunakan hanya kain mikrofiber yang dibasahi air untuk menyekanya. Anda dapat menemukan produk anti-kabut lainnya, seperti semprotan dan tisu, serta sisipan plastik purna jual yang Anda pasang sendiri. Semua ini dapat membantu menjaga perisai Anda bebas kabut, tetapi periksa manual pemilik (atau hubungi pabrikan) sebelum menerapkan apa pun pada perisai Anda.

Tips: Terlepas dari upaya terbaik Anda, bagian dalam pelindung helm Anda mungkin berkabut. Saat Anda berhenti, seperti di lampu lalu lintas, buka pelindung sedikit dari bawah untuk membiarkan udara bersirkulasi di dalam pelindung, dan bernapas melalui mulut Anda ke bawah, agar pelindungnya bersih.

5. Tempat Penyimpanan

Simpan helm dan pelindung Anda di tempat yang sejuk dan kering, tetapi jangan di garasi. Helm Anda dapat menyerap uap dan bahan kimia yang mungkin Anda simpan di sana, yang tidak baik untuk helm dan dapat mengurangi masa pakainya. Menyimpannya di sepeda Anda juga tidak ideal: Mudah jatuh dan rusak; plus, uap dari ventilasi tangki bahan bakar bisa masuk ke helm dan merusak material.

Sebagai gantinya, masukkan helm dan pelindung Anda ke dalam tas helm yang lembut dan simpan di dalam ruangan. Dengan begitu, di luar cuaca dingin dan panas yang ekstrem, dan di tempat yang aman di mana kecil kemungkinannya untuk terbentur.[shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips,
#
tata cara,
#
penggunaan dan perawatan helm sepeda motor,
#
helm sepeda motor