MENU
icon label
image label
blacklogo

Perawatan Mobil Diesel Modern Pasca Mudik

JUN 25, 2018@17:00 WIB | 522 Views

 (Mesin diesel modern milik Toyota)

Jika kemarin Anda melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan mobil bermesin diesel modern, akui saja, pasti anda pernah mengisi solar berkualitas rendah karena langkanya solar berkualitas tinggi di daerah.

Memang mesin diesel modern diwajibkan untuk memakai solar berkualitas tinggi. Tapi untungnya, tidak sedikit pula mesin diesel modern yang masih tahan jika diisi dengan solar berkualitas rendah.

 (Filter solar jadi komponen yang mendapat perhatian lebih)

Kendati begitu, tetap saja Anda perlu melakukan pengecekan dan perawatan pasaca mudik terhadap mobil Anda yang sudah menggunakan mesin diesel modern. Tujuannya sudah pasti agar performa mesin mobil Anda bisa kembali prima seperti sedia kala.

Ketika melakukan pengecekan atau servis, hal yang paling diperhatikan dari mobil bermesin diesel modern setelah membawanya mudik adalah filter solarnya. Kalau sudah pernah diisi solar biasa, filter solar dan ruang bakarnya pasti kotor sehingga perlu dilakukan pembersihan.

 (Setelah dilakukan perawatan, mobil wajib kembali diisi solar berkualitas tinggi)

Lebih lanjut, beberapa mesin diesel modern memang sudah mempunyai sistem penyaring bahan bakar yang bisa menyaring solar berkualitas rendah dengan sendirinya. Meski begitu, tetap perlu dilakukan pembersihan di filter solar dan ruang bakar apabila kedua bagian itu terlihat kotor.

Setelah dilakukan pembersihan di filter solar dan ruang bakar, maka Anda disarankan untuk langsung segera kembali mengisi solar berkualitas tinggi agar performa mesin diesel modern pada mobil Anda bisa kembali ke kondisi terbaiknya. [APSG/timBX]

Tags :

#
mesin diesel,
#
diesel modern,
#
mobil diesel,
#
perawatan mobil,
#
auto tips