MENU
icon label
image label
blacklogo

Panduan Menghindari Pencurian Mobil Tanpa Kunci

NOV 27, 2020@13:00 WIB | 605 Views

Pencurian adalah hal yang tak bisa diprediksi, dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan pada siapa saja. Tak melulu barang kecil yang mudah berpindah tangan, kendaraan besar seperti mobil juga masuk dalam daftar barang curian yang marak terjadi.

Dari data yang dirilis oleh Home Office, pencurian mobil telah meningkat lebih dari 48 persen dalam lima tahun terakhir. Yang lebih memprihatinkan, kurang dari 50 persen dari semua kendaraan yang dicuri yang telah ditemukan. Tampaknya, kejahatan juga ikut menggunakan teknologi tinggi karena mampu mencuri mobil tanpa kunci dan mengelabui sistem seolah-olah kunci ada di dekat Anda.

Bagi mobil tanpa kunci, akses Anda dengan mobil dihubungkan oleh fobs atau kartu mobil. Dengan memancarkan sinyal yang dideteksi mobil ketika jaraknya beberapa meter, fobs memungkinkan Anda untuk membuka kunci pintu dan menyalakan mesin.

Sayangnya, pencuri dapat memanfaatkan teknologi nirkabel ini dengan mendapatkan penguat dan pemancar relai di pasar gelap. Yang kemudian menemukan mobil yang diparkir cukup dekat dengan rumah pemilik tempat kunci berada.

Industri sedang memperhatikan modus baru pencurian ini. Adapun Richard Billyeald dari Thatcham Research mengatakan: "Produsen sudah mengerjakan sistem baru. Beberapa model baru sudah memiliki pengaturan yang tidak rentan terhadap serangan relay. Fungsinya sama, tetapi mereka tidak bisa tertipu oleh perangkat relai. "

Pencuri mungkin dapat memanfaatkan kerentanan dalam keamanan mobil, tetapi pemilik dapat mengambil langkah untuk mempersulit penjahat berteknologi tinggi. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan pencurian mobil tanpa kunci.

Dasar-dasar keamanan mobil

Pastikan kendaraan Anda diparkir di tempat yang cukup terang atau aman, terkunci dengan benar dan semua barang berharga dipindahkan.

Membungkus Kartu

Jangan berasumsi bahwa membungkus kunci Anda dengan kertas timah sudah cukup bagus karena itu tidak dirancang untuk tujuan ini. Seiring meningkatnya kejahatan mobil tanpa kunci, beberapa kantong anti-pencurian telah memasuki pasar yang dirancang untuk memblokir sinyal yang dipancarkan oleh kunci.

Matikan kunci

Matikan kunci bila kendaraan tidak digunakan, misalnya ketika Anda pergi berlibur. Ada baiknya periksa ke pabrikan jika ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia, karena mungkin saja sistem untuk mencegah pencurian mobil tanpa kunci telah dikembangkan.

Tindakan keamanan fisik

Ketika penjahat beralih ke teknologi, banyak pemilik menggunakan perangkat keamanan fisik berteknologi rendah. Misalnya kunci roda kemudi atau jalan masuk dengan penghalang yang terkunci. Jangan remehkan hal sederhana ini, karena penjahat bisa saja beralih ke target yang lebih mudah.

Perangkat pelacak

Anda dapat berlangganan ke perusahaan keamanan seperti Tracker, yang dapat memasang perangkat pelacak ke mobil Anda. Dengan demikian Anda bisa melacak lokasi mobil jika pencurian terjadi. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips menghidari pencurian mobil,
#
tips pengemudi,
#
tips mobil