MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifkasi Header dan Exhaust Mesin LT2 C8 Corvette, Tenaga Tambahan 20HP dan Torsi 27 Nm Tanpa Tuning

APR 24, 2020@21:00 WIB | 848 Views


Saat memodifkasi knalpot pada sebuah mobil,  hal yang sering kali tergambar di benak kita adalah bagaimana tipe desain knalpot tersebut.  Terpenting bagian header knalpot harus sama persis pada mounting mesin serta presisi, dan paling utama membantu mempermudah gas buang keluar sempurna. 



Header secara kontruksi berbeda dengan manifold. Header merupakan tabung-tabung individu untuk saluran knalpot.  Sedangkan manifold  meski berukuran tabung pendek terbuat dari besi cor (casting).  Apa kelebihan  menggunakan  header dari penggunaan manifold? Pertama menghilangkan back pressure, karena setiap silinder diteruskan dengan pipa sendiri.  



Setelah kita ketahui fungsi masing-masing, mari. kita lihat fokus pada produk aftermarket untuk C8 Corvette Stingray.  Brand Kooks Header dan Exhaust  telah disambungkan dengan  header TIG, yang dilas secara stainless steel untuk mobil sport mid-engine.  Dinegara asalnya,  Amerika Serikat menjual beberapa tipe  tabung 1-7/8 inci dan 2.0 inci.



Saat berita ini diturunkan dilaman autoevolution, belum tersedia harganya.  Namun secara fisik tidak jauh beda dengan C7 Corvette  Stingray.  Berdasarkan spesifikasi  ukuran 1-7/8 inci dibandrol  USD1.335  dengan ukuran silinder header 3.0 inci. Untuk 2 inci dengan diameter 3.0 inci dibandrol  dengan  harga USD 1.430. Brand Kooks menggunakan bahan  stainless steel T304 dengan kualitas pesawat.  Dapatkan garansi lifetime untuk pembelian produk tersebut.



Sebuah header prototype Z-51  dijual di Mooresville -PCM New York City, tenaga tambahan untuk header ini diklaim mencapai 20 hp di roda belakang dan torsi bertambah 27 Nm tanpa  tuning.  Sebuah pencapaian penting dalam hal  historis mesin LT2 C8 Corvette Stingray.


Sebagai referensi, Z51 dicoba di mesin dyno sebesar 439 Hp dengan header pabrikan.  Bila menggunakan Kooks itu berarti bertambah  459hp. Kita harus garis bawahi bahwa mesin LT2 adalah  model entry level di kasta C8 Corvette. 

Harapannya mesin LT6 pada Z06 yang menggunakan crankshaft pesawat di V8 bisa menambahkan tenaga yang berbeda.  Efeknya tentu putaran RPM redine lebih tinggi dan suara yang jauh lebih kekaguman yang menggelegar pada varian GT350. [Ahs/timBX]

Tags :

#
c8 corvette stingray,
#
tips modifikasi,
#
header dan exhaust,
#
kooks,
#
tig,
#
upgrade tenaga,
#
upgrade torsi