MENU
icon label
image label
blacklogo

Jangan Diabaikan! Ketahui Arti dari Simbol Peringatan Dasbor

NOV 22, 2020@12:00 WIB | 235 Views

Setelah memutar kunci mobil atau menekan tombol starter, lampu dasbor dalam berbagai warna akan muncul sesaat di tampilan belakang setir. Tujuannya adalah untuk memberi tahu bahwa sistem terkait berfungsi dengan benar. Akan tetapi bila satu atau dua simbol terus bersinar ketika mesin dinyalakan, itu pertanda ada hal yang tidak beres.

Mayoritas lampu peringatan untuk semua merek dan model mobil pada dasarnya sama. Meski letaknya sedikit berbeda. Oleh karena itu, biasakan diri membaca buku manual kendaraan untuk mengetahui apa arti dari semua simbol yang melekat pada layar. Berikut beberapa di antaranya.

OLI

Simbol di atas termasuk salah satu yang terpenting karena menyiratkan peringatan oli. Bisa saja mobil mengalami kebocoran, pompa oli yang rusak, atau oli yang terlalu sedikit sehingga menyebabkan kerusakan pada mesin yang bekerja.

REM

Ini adalah simbol peringatan sistem rem, yang tidak boleh diabaikan. Mungkin Anda membiarkan rem tangan bergerak sedikit saat menarik diri, jadi pastikan rem terlepas sepenuhnya. Jika ini tidak menyelesaikan masalah, menepilah dengan aman dan panggil bantuan di pinggir jalan, atau persiapkan mobil untuk dibawa ke ahlinya.

AKI MOBIL

Simbol yang satu ini adalah peringatan berkaitan dengan aki mobil dan sistem pengisian. Ini adalah masalah khusus di malam hari, karena baterai yang rusak dapat menyebabkan lampu depan mati.

ANTI BEKU

Simbol yang satu ini cukup jelas, menandakan mesin terlalu panas atau tidak memiliki pendingin yang cukup. Apabila dibiarkan, ini akan menggiring Anda terjebak dalam awan uap. Bisa jadi radiator mobil bocor, tersumbat atau rusak.

TEKANAN BAN

Simbol tekanan ban secara konstan akan memantau jumlah udara di dalam ban. Jika mendeteksi ada penurunan maka simbol akan menyala. Ini dapat mempengaruhi pengereman mobil, menikung, dan bisa saja menyebabkan ledakan ban ketika dalam kecepatan tinggi.

KONTROL TRAKSI

Simbol di atas adalah peringatan kontrol traksi mbil saat roda kehilangan cengkeraman, biasanya saat sedang hujan atau bersalju. Ini adalah indikasi visual bahwa Anda mendekati batas cengkeraman.

Selebihnya, terdapat simbol yang mudah dikenali, termasuk simbol bahan bakar yang rendah, penumpang yang belum memasang sabuk pengaman, juga pintu atau kap mobil yang tidak tertutup sempurna. Sebagian simbol menyala dibarengi dengan notifikasi suara yang akan memancing perhatian Anda untuk mencari tahu ketidakberesan pada mobil. Jadi, jangan mengabaikan tanda yang muncul, karena ini adalah bagian dari tawaran pabrikan untuk memastikan keamanan Anda. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips mobil,
#
tips berkendara,
#
simbol peringatan dasbor,
#
arti simbol peringatan dasbor