MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Komponen Ini Bisa Jadi Penyebab Lampu Depan Mobil Cepat Mati

JUL 15, 2022@09:10 WIB | 305 Views

Lampu depan adalah salah satu komponen krusial untuk keselamatan dalam berkendara. Visibilitas yang baik saat berkendara adalah suatu keharusan, apalagi dalam keadaan minim pencahayaan.

Tanpa adanya penerangan yang baik, berkendara pada malam hari adalah sesuatu yang mustahil. Di samping tidak mendapatkan visibilitas, berkendara dengan kondisi lampu depan yang sudah rusak juga akan menyebabkan pengendara lain tidak bisa bisa melihat dengan jelas posisi mobil kita, sehingga kecelakaan akan mudah terjadi jika tidak memiliki penerangan yang baik.

Seperti komponen lainnya, lampu mobil juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan yang sering terjadi pada lampu mobil antara lain adalah putusnya bohlam untuk lampu mobil. Oleh karena itu, sebelum berkendara, terlebih lagi malam hari, sebaiknya cek dulu keadaan lampu depan mobil untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah penyebab rusaknya lampu depan mobil:

1. Korsleting

Korsleting bisa jadi penyebab utama mengapa lampu depan mobil tidak berfungsi. Saat terjadi korsleting, sekring mobil akan memutuskan rangkaian kelistrikan, sehingga jika lampu mobil secara tiba-tiba tidak berfungsi, sekring adalah komponen pertama yang harus di-cek. 

2. Tegangan listrik tidak sesuai

Tegangan listrik yang tidak sesuai adalah penyebab selanjutnya mengapa lampu depan mobil mati. Bohlam untuk lampu depan mobil punya batas tegangan, seperti 12 volt atau 24 volt. Sebaiknya gunakan bohlam dengan tegangan yang sama dengan lampu depan standar. Jika bohlam menerima tegangan yang tidak sesuai, maka filamen yang terdapat pada bohlam akan meleleh karena tidak kuat menerima tegangan yang berlebih.

3. Soket lampu meleleh

Lampu mobil jika menyala dalam waktu lama bisa menimbulkan panas di sekitar soket dan lama-kelamaan melelehkan soket itu sendiri. Hal ini menyebabkan daya grip soket pun berkurang sehingga terminal soket kendor. Selain menyebabkan lampu depan mobil cepat sekali tidak berfungsinya, soket yang meleleh juga bisa menimbulkan korsleting dan memutuskan rangkaian kelistrikan yang menghubungkan lampu.

4. Relay rusak

Penyebab lainnya mengapa lampu mobil mengalami kerusakan adalah kondisi relay yang sudah rusak. Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan lampu depan mobil jadi cepat mati atau tidak bisa menyala sama sekali. Oleh karena itu, periksa komponen ini apakah mengalami kerusakan atau tidak jika lampu mobil mati. Setelah dipastikan bahwa relay rusak, maka segeralah untuk menggantinya.

5. Kabel bermasalah

Masalah pada kabel lampu depan juga bisa menjadi pemicu rusaknya lampu depan mobil. Kabel lampu ini terhubung dengan mesin mobil sebagai sumber energi untuk lampu mobil. Masalah yang sering terjadi pada kabel mobil ini seperti longgar atau terbakar. Jika lampu depan mobil tidak berfungsi, sebaiknya periksalah kabel lampu ini, apakah dalam keadaan longgar atau terbakar. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autotips,
#
lampu mobil