MENU
icon label
image label
blacklogo

Cek Aki Kendaraan Kamu Sekarang

FEB 15, 2020@11:55 WIB | 692 Views

Kendaraan, apapun itu membutuhkan baterai untuk menstarter hingga dalam berkendara. Nah, banyak kita lihat kendaraan yang mogok, susah distarter itu penyebab aki yang sudah “letoy”. Aki ini bukan hanya menjadi sumber utama untuk menghidupkan mobil saja, tetapi AC, audio, lampu juga membutuhkan tenaga baterai. Usia baterai pun bermacam-macam, tergantung pemakaian kendaraan seberapa rutin. Jika digunakan setiap hari dengan waktu yang lama, mungkin dalam waktu setahun, baterai atau aki ini harus diganti.

Mengenai aki ini, setidaknya kalian harus tahu tanda-tanda aki melemah dari Mitsubishi seperti berikut;

1. Kenali dulu jenis akinya bagaimana, Pada tipe aki basah, mengecek kondisi aki bisa diperhatikan pada batas atas dan bawah cairan elektrolit. Bila batas cairan mendekati batas bawah berarti harus ditambah. Pada tipe aki kering, umumnya terdapat indikator warna kemampuan aki. Warna biru bertanda masih oke, putih butuh tambah setrum, dan merah wajib ganti.

2. Gunakan alat tester aki untuk melihat voltase normal aki. Dalam keadaan mesin mati, normalnya voltase aki 12,45 volt dan saat mesin menyala voltase normal jadi 13-14 Volt. Apabila aki kekurangan atau kelebihan voltase normal berarti aki tersebut tidak baik.

3. Aki yang bermasalah juga bisa dilihat dari air aki yang keruh. Hal tersebut, karena kotoran-kotaran yang menumpuk sekian lama dan bisa dilihat saat membuka aki. Tidak hanya warna air aki yang keruh, tapi juga sel-sel yang ada di dalamnya bengkok dan ada warna putihnya.

4. Komponen yang paling banyak menggunakan energi aki paling besar adalah motor starter. Kalau menyalakan mesin sudah tersendat, yaitu ketika motor starter tidak mendapatkan cukup energi untuk melakukan kinerjanya, itu bisa berarti aki soak.

5. Selain langsung mengecek pada aki, Anda juga bisa memperkirakan kondisi aki mulai soak dari mengamati kondisi kendaraan. Misalnya, ketika lampu-lampu mulai meredup atau proses menyalakan mesin berjalan lambat, itu bisa jadi tanda aki mulai soak.

Jika sudah mengalami hal demikian, segera konsultasikan dengan bengkel service resmi, untuk penggantian aki, agar tidak membuat “masalah” kedepannya. Bayangkan jika ditengah jalan, aki mobil “soak” dan tidak ada bengkel sama sekali di tengah perjalanan? [prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autonews,
#
aki mobil,
#
mitsubishi