MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Tips Ampuh Bikin Aki Mobil Lebih Awet, Nomer 5 Paling Gampang

MAY 18, 2022@18:00 WIB | 511 Views

Memiliki mobil bukan hanya sekedar memakai dan isi bensin saja, kalian juga harus bisa dan mampu merawat berbagai fitur dan seluruh perangkat mobil.

Salah satu yang paling sering jadi masalah yaitu aki soak, kerap dianggap sepele urusan aki soak pun bisa bikin pusing dan mengganggu terlebih saat mobil mogok di jalan karena aki tak kuat untuk menstarter mesin mobil.

Untuk itu, yuk perhatikan 5 tips ampuh bikin aki mobil lebih awet yang telah tim BX rangkum ini Black Pals!

1. Rutin cek kondisi aki

Biasakan kalian luangkan waktu untuk mengecek kondisi aki. Untuk aki kering kamu bisa melihat indikator yang biasanya terdapat di bagian atas aki mobil, sedangkan untuk aki basah kamu harus rutin cek kondisi air aki jangan sampai kering karena dapat merusak elemen aki mobilmu yang akan menyebabkan aki cepat soak alias rusak.

2. Setelah cek kondisi aki, jangan lupa juga cek terminal atau kutub aki mobilmu.

Pastikan tak terdapat jamur atau kotoran yang dapat mengganggu kinerja dan sistem pengisian aki mobil.

3. Pastikan kutup terminal aki terpasang kencang

Jika kutup aki tidak terdapat jamur atau kotoran tapi masih sering soak, kamu bisa cek apakah kutub aki terpasang dengan benar dan kencang agar pengisian aki berfungsi sempurna.

4. Pantang pasang aksesori atau fitur berlebihan

Banyak sekali aksesori dan fitur tambahan yang dapat dipasang pada mobil kesayangan, contohnya seperti lampu-lampu sampai audio system. Pemasangan aksesori berlebihan pun ikut juga berperan membuat aki mobil lebih cepat soak atau rusak karena pemasukan pengisian aki tak sebanding dengan output kelisitrikan aki mobilmu.

5. Cek dan pastikan seluruh perangkat dan fitur mobil non aktif saat mesin mobil dimatikan

Cara ini mungkin terbilang paling mudah, kamu wajib memastikan tak ada lagi perangkat atau fitur mobil yang aktif jika mesin mobil sudah dimatikan. Apalagi saat mobil tak dipakai lama.

Biasanya yang tersisa hidup hanya sistem alarm, pastikan juga semua pintu terkunci rapat agar alarm tidak berbunyi dan lampu kabin mobil tak selalu menyala, [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
aki,
#
aki mobil,
#
tips,
#
mobil